Kemenkes Bantu Penempatan 16 Dokter Lulusan Luar Negeri Kerja di RS

Ameidyo Daud Nasution
4 Agustus 2023, 11:07
dokter, dokter spesialis
ANTARA FOTO/ Irwansyah Putra/foc.
Warga beristirahat dekat papan informasi pelayanan berbagai dokter spesialis di Rumah Sakit Umum Cempaka Lima, Banda Aceh, Aceh, Kamis (2/2/2023).

Kementerian Kesehatan menyatakan saat ini sudah ada 16 dokter warga negara Indonesia (WNI) lulusan luar negeri yang telah mengabdi di berbagai wilayah RI. Mereka masuk dalam Program Adaptasi Dokter Spesialis Lulusan Luar Negeri.

Ke-16 dokter tersebut terdiri dari 3 dokter Orthopedi Traumatologi, 3 dokter penyakit dalam, 4 dokter Obsetri Ginekologi, 4 dokter Dermatologi dan Venereologi, 1 dokter mata, dan 1 dokter anak. Mereka telah ditempatkan di 16 RSUD yang tersebar di Indonesia.

"Semua sudah penempatan sehingga para dokter bisa memberikan pelayanan spesialis yang dibutuhkan masyarakat di daerah," kata Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Ariyanti Anaya dalam keterangan tertulis, Jumat (4/8).

Seluruh dokter tersebut sudah melalui evaluasi kompetensi oleh komite bersama. Mereka juga telah mendapatkan pembekalan dan ditempatkan sesuai kebutuhan.

Ariyanti berterima kasih atas niat dokter lulusan luar negeri tersebut berkarier di Indonesia. "100% (program) tercapai pada triwulan pertama dan kedua itu luar biasa," katanya.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...