Rocky Gerung Minta Maaf Pernyataannya ke Jokowi Bikin Gaduh Masyarakat

Andi M. Arief
4 Agustus 2023, 19:03
rocky gerung, jokowi, polisi
Antara
Akademisi Rocky Gerung saat berbicara di sebuah seminar di Solo, Jawa Tengah, Rabu (4/8). Foto: Antara.

Akademisi Rocky Gerung menyampaikan permintaan maaf kepada publik terhadap kegaduhan yang terjadi akibat komentarnya. Namun Rocky tidak menyampaikan permintaan secara langsung ke Presiden Joko Widodo atas komentarnya.

Seperti diketahui, Rocky melayangkan kritik kepada Presiden Joko Widodo dengan kata-kata yang dianggap sejumlah pihak kasar. Kritik tersebut dilayangkan saat membahas pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Atas kritik tersebut, Rocky mengaku mendapatkan makian hingga ancaman pembunuhan. Menurutnya, beberapa kelompok adat marah terhadap kritik tersebut meski ia telah menjelaskan.

Kelompok adat yang marah kepadanya adalah kelompok adat Dayak, Papua, dan Nusa Tenggara Barat. Oleh karena itu, Rocky meminta maaf karena situasi yang ditimbulkannya membuat kelompok adat tersebut marah.

"Ini akan berlanjut jadi kasus hukum, oke saya terima. Namun saya minta maaf karena peristiwa itu membuat perselisihan semakin menjadi-jadi," katanya dalam saluran resmi Rocky Gerung Official, Jumat (4/8).

Maka dari itu, Rocky mengatakan dirinya akan menyiapkan kuasa hukum dalam menghadapi aduan hukum tersebut. Namun ia belum menjelaskan lebih lanjut apa langkah yang akan ditempuh.

Rocky memahami kritiknya cukup berbahaya untuk dilayangkan selama tahun politik. Ia menduga ada banyak pihak yang berniat mengeksploitasi kasusnya untuk kepentingan politik.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...