Forum Bisnis Bali Process Sepakati Kerja Sama Basmi Perdagangan Orang

Happy Fajrian
10 Agustus 2023, 22:42
bali process, perdagangan orang, tppo
Katadata
Bali Process Government and Business Forum (GABF) Tech Forum 2023 sepakat memperkuat kerja sama dalam membasmi tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Forum internasional Bali Process Government and Business Forum (GABF) Tech Forum yang diketuai Indonesia dan Australia menegaskan komitmennya dalam memerangi tindak pidana perdagangan orang (TPPO) atau human traficking.

Forum yang digelar di Bali pada Kamis (10/8) ini menghasilkan 8 pernyataan bersama yang mempertegas komitmen para peserta dalam memerangi human traficking.

“Kami peserta Bali Process GABF Tech Forum menegaskan kembali komitmen kami untuk memerangi perdagangan manusia pada orang dan kejahatan yang terkait,” bunyi pernyataan pertama forum tersebut.

Adapun pada pernyataan kedua disebutkan bahwa peran teknologi dipertimbangkan sebagai pendorong dan solusi potensial untuk masalah perdagangan manusia, kerja paksa, perbudakan modern dan bentuk-bentuk pekerjaan terburuk untuk anak, serta mencari cara untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan pelaku usaha.

“Kami lebih lanjut menyadari bahwa sektor bisnis di kawasan Asia-Pasifik, termasuk rantai proses bisnis yang terkait, berperan penting dalam pencegahan, pemberantasan perdagangan manusia kerja paksa, dan perbudakan modern lainnya,” bunyi pernyataan ketiga.

Dalam pernyataan kelima para peserta forum mengatakan bahwa mereka menyadari bahwa praktik-praktik terlarang dalam rekrutmen, termasuk penawaran online yang menipu, telah berdampak negatif terhadap pemenuhan prinsip inklusivitas, keadilan, transparansi rantai pasok.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...