Golkar dan PAN Bersiap Deklarasi Dukung Prabowo Subianto

Aditya Widya Putri
13 Agustus 2023, 09:31
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) saat melakukan kunjungan kerja di Pasar Bululawang, Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023).
ANTARA FOTO/Sandi Sadewa/abs/Spt.
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) saat melakukan kunjungan kerja di Pasar Bululawang, Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023).

Partai Golongan Karya atau Golkar dan Partai Amanat Nasional atau PAN dikabarkan bakal bergabung ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) untuk mendukung Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden 2024. Informasi ini dikonfirmasi oleh Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay. 

“Kami sedang menuju ke lokasi, di Museum Naskah Proklamasi. Soal apakah akan dideklarasikan, silahkan ditunggu,” kata Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay ketika dikonfirmasi Katadata.co.id, Minggu (13/8).

Bila Golkar dan PAN mendukung Prabowo, maka mereka memperkuat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Deklarasi dukungan itu rencananya bakal digelar pada pukul 10.00 WIB di Museum Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Sebelumnya Saleh menyebut bahwa partainya condong memberi dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

"Kader-kader di daerah banyak yang meminta untuk mendukung Prabowo. Itu didasarkan atas masukan dari masyarakat di bawah. PAN tentu mengandalkan data dan fakta yang disampaikan kader-kader dan simpatisan," kata Saleh dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu, (12/8).

Dia mengatakan bahwa komunikasi politik PAN terkait bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden partai-partai politik lain semakin intensif, berkenaan dengan mendekatnya waktu pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kalau dengan partai-partai, itu terus berjalan. Dalam waktu dekat ini, akan ada lagi pertemuan lintas partai. Topiknya dinamika politik terkait capres dan cawapres. Mencari rumusan dan menyamakan persepsi. Ya, semacam itu," katanya.

Dia menuturkan bahwa PAN akan tetap berhati-hati sembari menunggu momentum yang tepat untuk mengumumkan arah dukungan partai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...