Momen Hari Kemerdekaan, Demokrat Ingatkan Pesan Soekarno soal Trisakti

Ira Guslina Sufa
15 Agustus 2023, 07:50
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Benny Kabur Harman
Katadata
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Benny Kabur Harman

Mendekati hari proklamasi yang diperingati setiap 17 Agustus euforia kemerdekaan terasa di mana-mana. Pernak-pernik berbalut warna merah putih ramai di jalanan. Berbagai perlombaan pun marak dilakukan masyarakat untuk menyambut perayaan kemerdekaan RI yang ke-78. 

Bagi Partai Demokrat, perayaan kemerdekaan juga diperingati sebagai refleksi atas pencapaian bangsa. Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Benny Kabur Harman mengatakan perayaan hari kemerdekaan harus menjadi momen untuk mengingatkan kembali cita-cita perjuangan bangsa seperti telah dirumuskan para pendiri bangsa. 

“Kemerdekaan yang sesungguhnya itu adalah kemerdekaan seperti yang dirumuskan oleh Bung Karno dalam Trisakti dan saya setuju itu,” ujar Benny dalam wawancara khusus dengan tim Katadata, seperti dikutip Selasa (15/8). 

Menurut benny Soekarno telah mewariskan tiga cita-cita besar bagi bangsa Indonesia yaitu berdaulat di bidang politik berdikari di bidang ekonomi dan berbudaya di bidang kebudayaan. Namun menurut dia, cita-cita Soekarno itu hingga kini baru di atas kertas dan belum terwujud sepenuhnya. 

Dalam bidang politik dan hukum, Benny menilai Indonesia masih punya pekerjaan rumah untuk memastikan tersedianya produk hukum yang menaungi kepentingan seluruh masyarakat dan bukan hanya kelompok tertentu saja. Dia menilai perlu pemerintahan yang lebih berpihak pada masyarakat. 

Selanjutnya di bidang ekonomi ia mengkritik kemandirian lantaran masih pemerintah masih sering menggunakan skema utang luar negeri untuk pembangunan. “Kalau kita berhutang terus menerus, lebih besar pasak daripada tiang. Itu namanya tidak merdeka lagi,” ujar Benny. 

Menurut Benny pembangunan nasional harus dilakukan dengan menggunakan sumber daya nasional. Kebiasan berutang menurut dia justru melahirkan praktik neokolonialisme dan ketergantungan dengan negara lain yang melahirkan dominasi suatu negara terhadap negara Indonesia. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...