Menkes Bawa 3 Agenda pada Pertemuan Menteri Kesehatan KTT G20 India

Ira Guslina Sufa
19 Agustus 2023, 15:02
Menkes Budi Gunadi Sadikin menjawab pertanyaan pembawa acara Podcast Antara Rully Yuliardi di Gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan, Jakarta, Kamis (10/11/2022). Dalam kesempatan tersebut Menkes Budi Gunadi Sadikin memaparkan terkait capaian Presidensi G2
ANTARA FOTO/Fauzan/YU
Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin menjawab pertanyaan pembawa acara Podcast Antara Rully Yuliardi di Gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan komitmen Indonesia mendukung tiga agenda bidang kesehatan untuk dibahas dalam pertemuan Menteri Kesehatan di KTT G20 di India. Menurut Budi, Indonesia berperan memberikan dukungan dan arahan pada ke Keketuaan G20 India tahun ini.

“Indonesia akan terus memberikan kontribusi dan kepemimpinannya di tingkat global dan regional. Meminjam filosofi Mahatma Gandhi bahwa “kita tidak harus menunggu apa yang orang lain kerjakan bila ingin membuat perubahan” ujar Menkes dalam pertemuan menteri kesehatan G20, Sabtu (19/8). 

Menurut Budi agenda yang pertama adalah sebagai Ketua ASEAN 2023, Indonesia memajukan Deklarasi One Health dengan terus menerapkan konsep ini dalam aksi nyata. Salah satu bentuknya adalah menerapkan Integrated One Health Surveillance melalui identifikasi 10 hewan dengan 10 patogen yang berpotensi menular ke manusia dan mengakibatkan kedaruratan kesehatan.

“Indonesia sebagai negara yang kaya akan biodiversity, upaya ini penting untuk mencegah patogen spillover, sehingga kawasan dan komunitas global lebih aman dari potensi pandemi,” ujar Budi. 

Agenda kedua adalah menindaklanjuti hasil G20 Health Ministers di Indonesia dengan memajukan mechanism of Global Medical Countermeasures Platform sebagai pengganti ACT-A. Budi menyebut Indonesia mendorong negara maju dalam G20 terus membantu negara berkembang anggota G20 untuk riset dan pengembangan manufacturing vaksin, obat dan alat diagnosis.  

Sedangkan agenda ketiga adalah mendorong inovasi dan solusi digital di bidang kesehatan. Hal lain adalah dengan menerapkan teknologi baru dan kecerdasan intelegen dalam peningkatan layanan kesehatan melalui perluasan akses, peningkatan kualitas layanan dan integrasi sistem informasi kesehatan.

Dalam sambutannya Budi juga menekankan agar inisiatif digital yang dimajukan oleh negara-negara G20 tidak berdiri sendiri. Ia mendorong adanya standarisasi data sehingga upaya penanganan kesehatan bisa lebih maksimal. Untuk itu Budi mengatakan Indonesia mendukung adanya  inisiatif global dalam digitalisasi di sektor kesehatan melalui pemanfaatan teknologi. 

Selama berada di Gujarat, Menkes Budi akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah Menteri Kesehatan seperti dari Belanda, Australia, India, Inggris, Brazil, dan Uni Eropa. Menteri Budi juga akan bertemu dengan para pimpinan organisasi internasional di bidang kesehatan seperti WHO, FIND, Gavi, BMGF, dan CEPI untuk meningkatkan kerja sama di bidang kesehatan. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...