Jokowi Tunjuk Sandiaga Gantikan Luhut Jadi Menko Marvest Ad Interim

Ira Guslina Sufa
21 Agustus 2023, 06:25
Jokowi tunjuk Sandiaga Uno jadi Menko Marvest Ad interim
Katadata/Wahyu Dwi Jayanto
Sandiaga Uno

Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjadi Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim. Ia akan bertugas menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang melakukan perjalanan dinas ke luar negeri.

Penunjukan Sandiaga itu tertuang dalam Surat Nomor B-795/M/D-3/AN.00.03/08/2023 tentang Penunjukan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim. Surat ditandatangani Menteri Sekretaris Negara Pratikno tertanggal 18 Agustus 2023.

“Dengan hormat kami beritahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim,” demikian bunyi surat yang dikutip Senin (21/8). 

Sebelumnya Luhut telah mengajukan izin pada Rabu (16/7) untuk melakukan perjalanan dinas luar negeri sejak 19 hingga 26 Agustus 2023. Ia akan melakukan perjalanan ke 4 negara di Afrika yaitu Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan,

Selama perjalanan Luhut akan mendampingi Presiden Joko Widodo. Adapun Presiden Jokowi telah berangkat dan tiba di Kenya pada Minggu (20/8) dan akan kembali ke Tanah Air pada Jumat (25/8). 

Selain Luhut Binsar Pandjaitan, turut serta dalam kunjungan itu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif. Juga ada Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. 

Sementara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah lebih dulu bertolak ke Afrika untuk mempersiapkan kunjungan Presiden. Jokowi sebelumnya telah menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Menlu Ad Interim sementara selama Menlu Retno berdinas ke Afrika.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...