Jokowi Tunjuk Azwar Anas Gantikan Mahfud jadi Menkopolhukam Ad Interim

Ira Guslina Sufa
24 Agustus 2023, 13:57
Jokowi tunjuk Azwar Anas gantikan Mahfud MD
ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/Lmo/aww.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan pidato saat meninjau Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Kamis (16/3/2023).

Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Ad Interim. Selama bertugas menjadi menko ad interim, Azwar Anas akan menggantikan tugas yang diemban Mahfud MD. 

Penunjukan Azwar Anas tertuang dalam surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-796/M/D-3/AN.00.03/08/2023 tertanggal 18 Agustus 2023. Penunjukan ini untuk menggantikan Mahfud yang sedang menjalankan tugas negara di luar negeri.

“Dengan hormat kami beritahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri PAN-RB sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Ad Interim," demikian bunyi surat yang dikutip, Kamis (24/8). 

Surat permohonan perjalanan ke luar negeri disampaikan oleh Mahfud kepada presiden pada 14 Agustus 2023. Surat bernomor B-172/LN.00.01/8/2023 itu langsung diproses oleh istana. Penunjukan Azwar Anas sebagai menkopolhukam ad interim berlaku sejak 22 Agustus hingga 1 September 2023. 

Sebelumnya Jokowi juga telah menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menjadi menteri luar negeri ad interim menggantikan Retno Marsudi. Jokowi juga menunjuk Sandiaga Uno menjadi menko bidang maritim dan investasi menggantikan Luhut Binsar Panjaitan.

Luhut dan Retno diketahui melakukan perjalanan dinas ke Afrika mendampingi Presiden Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan di sejumlah negara. Selain berkunjung ke sejumlah negara, Jokowi juga mengikuti KTT negara yang tergabung dalam BRICS yaitu Brazil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan yang berlangsung di Afrika Selatan. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...