Top Stories: Rumor IFC Masuk Bank Bukopin, Klarifikasi AHM soal eSAF

Aryo Widhy Wicaksono
28 Agustus 2023, 11:09
Suasana pelayanan nasabah di kantor pusat Bank Bukopin
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Suasana pelayanan nasabah di kantor pusat Bank Bukopin, MT Haryono, Jakarta Selatan, Rabu (1/7/2020).

STIC Eugene, sebuah private equity yang berkantor di Korea Selatan, dikabarkan akan menjual 17% saham PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) kepada International Finance Corporation (IFC).

STIC Eugene merupakan investor baru di BBKP setelah melalui rights issue dengan harga pembelian Rp 100 per saham.

Sementara IFC pada Juni 2022 telah menyuntikkan dana sebesar US$ 300 juta atau setara Rp 4 triliun kepada Bank Bukopin dalam bentuk pinjaman segmen sosial.

Kabar mengenai IFC akan masuk Bank Bukopin mendapatkan minat baca tinggi atau Top Stories Katadata.co.id. Selain itu, simak klarifikasi Astra Honda Motor mengenai rangka eSAF, serta integrasi KAI dengan LRT Jabodebek.

Berikut Top Stories Katadata.co.id:

1. Rumor Pasar: IFC Dikabarkan Masuk Bank Bukopin

PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) telah melaksanakan penerbitan saham baru atau rights issue pada 31 Mei 2023 lalu dengan menghimpun dana Rp 12 triliun. Dalam hajatan tersebut KB Kookmin menyerap 67% saham baru senilai Rp 8,02 triliun, STIC Eugine Star Holding memiliki 17% dengan menyetor Rp 3,19 triliun, sedangkan sisanya dipegang oleh publik sebesar 16,4%.

Beredar kabar bahwa STIC Eugene yang merupakan private equity yang berkantor di Korea tersebut akan menjual 17% saham BBKP kepada International Finance Corporation (IFC).

IFC merupakan lembaga keuangan internasional, didirikan sebagai afiliasi bank dunia dengan tujuan membantu pembiayaan pembangunan negara-negara anggota yang belum maju melalui pemberian pinjaman dan atau penyertaan pada sektor swasta.

IFC memiliki tujuan untuk mendorong pengembangan sektor swasta di negara-negara yang kurang berkembang. International Finance Corporation merupakan anggota dari Bank Dunia dan memiliki kantor pusat di Washington DC, Amerika Serikat.

Simak penjelasan Bank Bukopin mengenai rumor IFC.

2. Penjelasan Astra Honda Motor soal Viral Rangka Motor Keropos

Viral di media sosial rangka enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF motor Honda keropos dan mudah patah. Direktur Produksi Astra Honda Motor atau AHM David Budiono pun memberikan penjelasan terkait hal ini.

David mengatakan, Astra Honda Motor atau AHM memang pernah menerima beberapa pengaduan konsumen yang mengalami kendala atas penggunaan sepeda motor Honda rangka eSAF. Hal ini telah diselesaikan di bengkel-bengkel resmi AHM.

Mengenai keluhan konsumen, AHM telah melakukan investigasi bahwa rangka sepeda motor patah akibat sering terkena air laut. Namun, sepeda motor yang dimaksud merupakan produk lama dan bukan rangka jenis eSAF.

Simak klarifikasi lengkap dari Astra Honda Motor soal rangka motor eSAF.

3. Integrasi KAI-LRT Jabodebek di Stasiun Cawang dan Sudirman Sudah Siap

Sebagai persiapan peresmian operasional pelayanan Lintas Raya Terpadu atau LRT Jabodebek pada Senin (28/8), KAI Commuter telah menyiapkan layanan dan fasilitas integrasi di stasiun-stasiun yang terintegrasi dengan perjalanan LRT Jabodebek. Misalnya seperti di Stasiun Cawang dan Stasiun Sudirman.

“Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna yang akan transit dari perjalanan commuter line untuk melanjutkan perjalanannya dengan LRT Jabodebek,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resmi Minggu (27/8).

Di Stasiun Cawang, KAI Commuter telah menyiapkan akses untuk menuju Stasiun LRT Cikoko atau untuk menuju halte Bus Trans Jakarta. Penguna commuter line yang hendak melanjutkan perjalanannya menggunakan LRT ataupun Bus Trans Jakarta bisa langsung menuju pintu di sisi Barat Stasiun Cawang dengan mengakses JPO.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...