Integrasi KAI-LRT Jabodebek di Stasiun Cawang dan Sudirman Sudah Siap

Lona Olavia
27 Agustus 2023, 17:30
Integrasi KAI-LRT Jabodebek di Stasiun Cawang dan Sudirman Sudah Siap
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Sejumlah penumpang saat menunggu giliran menaiki KRL di Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020).

Sebagai persiapan peresmian operasional pelayanan Lintas Raya Terpadu atau LRT Jabodebek pada Senin (28/8), KAI Commuter telah menyiapkan layanan dan fasilitas integrasi di stasiun-stasiun yang terintegrasi dengan perjalanan LRT Jabodebek. Misalnya seperti di Stasiun Cawang dan Stasiun Sudirman.

“Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna yang akan transit dari perjalanan commuter line untuk melanjutkan perjalanannya dengan LRT Jabodebek,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resmi Minggu (27/8).

Di Stasiun Cawang, KAI Commuter telah menyiapkan akses untuk menuju Stasiun LRT Cikoko atau untuk menuju halte Bus Trans Jakarta. Penguna commuter line yang hendak melanjutkan perjalanannya menggunakan LRT ataupun Bus Trans Jakarta bisa langsung menuju pintu di sisi Barat Stasiun Cawang dengan mengakses JPO.

“Saat ini sebanyak 421 perjalanan yang telah disiapkan KAI Commuter untuk melayani pengguna commuter line yang transit di Stasiun integrasi antar moda Cawang,” kata Anne.

KAI Commuter juga mencatat rata-rata pengguna commuter line yang turun di stasiun tersebut sebanyak 12 -15 ribu orang per harinya. Sedangkan pengguna commuter line yang naik di stasiun tersebut sebanyak 11-13 ribu orang per harinya.

Selain itu, stasiun commuter line yang terintegrasi dengan layanan LRT Jabodebek adalah Stasiun Sudirman. Dengan lokasi yang strategis karena berada ditengah-tengah kawasan perkantoran Ibu Kota, juga menjadikan Stasiun Sudirman menjadi salah satu stasiun commuter line yang dilengkapi dengan sistem integrasi antar moda.

Selain terintegrasi dengan layanan LRT, Stasiun Sudirman juga terintegrasi dengan moda transportasi publik lainnya seperti layanan Commuter Line Basoetta, MRT dan Bus Trans Jakarta.

Pengguna commuter line bisa mengakses JPO pada sisi timur stasiun untuk melanjutkan perjalanannya menggunakan LRT. KAI Commuter juga telah mengoperasikan sebanyak 277 perjalanan commuter line yang akan melayani pengguna di Stasiun Sudirman tiap harinya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...