Survei Terbaru: Manuver PAN Dongkrak Elektabilitas, Suara PDIP Teratas

Ade Rosman
31 Agustus 2023, 13:40
Survei Pemilu 2024
ANTARA FOTO/Rony Muharrman/tom.
Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal menandatangani petisi deklarasi yang disaksikan 18 pimpinan partai politik peserta Pemilu 2024 saat Deklrasi Pemilu Damai 2024 Provinsi Riau, di Pekanbaru, Riau, Senin (28/8/2023).

Temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menduduki posisi puncak dengan perolehan 25,4% suara.  Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan menjelaskan sura PDIP terpaut  cukup jauh dengan partai politik lainnya dengan suara di bawah 15%. 

Pada urutan kedua ada Partai Gerindra dengan elektabilitas 13%, diikuti oleh Partai Golkar dengan 9,3%. Pada urutan keempat ada Partai Kebangkitan Bangsa dengan 7,6% suara, partai Demokrat dengan  6,6% suara diikuti Partai Keadilan Sejahtera dengan 5,2% dan Partai Nasional Demokrat dengan 5% suara. 

Djayadi menyoroti kenaikan suara signifikan surat Partai Amanat Nasional yang meraih 4,2% suara. Dia menyebut kenaikan suara PAN melonjak 100% dibandingkan survei pada periode Agustus tahun lalu yang hanya meraih 2% suara. 

Menurut Djayadi, melonjaknya dukungan publik terhadap PAN salah satunya disebabkan oleh manuver partai dalam beberapa waktu terakhir. Ia menilai, pergerakan PAN terkait arah dukungan calon presiden dapat mengkonsolidasi pemilih PAN.

“Pemilih PAN itu setahu saya memang ke Prabowo atau ke Anies, tapi masih cenderung ke Prabowo. Nah, mungkin gerak PAN yang belakangan itu tampak lebih menunjukkan sinyal makin dekat ke Prabowo, sehingga suara para pemilih PAN itu menjadi lebih terkonsolidasi,” kata dia.

Meski begitu Djayadi mengatakan berbagai situasi politik ke depan masih sangat mungkin mempengaruhi elektabilitas partai-partai. Pergerakan suara partai itu menurut Djayadi bisa terlihat pada suara Perindo dan Partai persatuan Pembangunan. 

Pada survei terbaru, PPP meraih elektabilitas 2,5% sedangkan Perindo 1,9%. Padahal pada survei sebelumnya Perindo meraih suara di atas 4 % mengalahkan PAN. Di bawah Perindo partai lainnya seperti Partai Bulan Bintang, Gelora, Partai Buruh dan Partai Ummat mendapat suara di bawah 1 persen. Sedangkan sebanyak 17,4% responden belum menentukan pilihan. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...