Temui Xanana Gusmao di Istana, Jokowi Dukung Status Keanggotaan Penuh

Muhamad Fajar Riyandanu
4 September 2023, 20:33
Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao (tengah) didampingi Pj Gubernur Banten Al Muktabar (kanan) dan Staf Ahli Kemendikbudristek Tatang Muttaqin (kiri) berjalan menuju mobil setibanya di Terminal VVIP Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (
ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Harviyan Perdana Putra/aww.
Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao (tengah) didampingi Pj Gubernur Banten Al Muktabar (kanan) dan Staf Ahli Kemendikbudristek Tatang Muttaqin (kiri) berjalan menuju mobil setibanya di Terminal VVIP Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (4/9/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melangsungkan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Timor Leste Xanana Gusmao di Istana Negara Jakarta pada Senin (4/9). Pada kesempatan tersebut, Jokowi mendukung upaya Timor Leste untuk menjadi negara anggota penuh ASEAN.

"Indonesia dan Timor Leste adalah saudara sehingga kemitraan kita harus semakin dipererat. Mengenai keanggotaan Timor Leste di ASEAN, Indonesia selalu mendukung," kata Jokowi.

Timor Leste secara prinsip sudah menjadi anggota ASEAN sejak November 2022. Dengan status tersebut, meski belum punya hak suara, Timor Leste telah mengikuti aneka pertemuan ASEAN selama Indonesia menjadi memegang keketuaan pada 2023.

Xanana Gusmao resmi menjadi PM Timor Leste untuk kedua kalinya pada 22 Mei 2023 menggantikan pimpinan sebelumnya, yakni Taur Matan Ruak. "Selamat datang di Jakarta serta selamat atas pelantikan Yang Mulia," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi pernah mengundang Timor Leste ke pagelaran KTT ASEAN ke-42, yakhni Meruora Convention Center, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada 9 Mei 2023. Timor Leste hadir di Labuan Bajo dengan status observer dalam hajat rutinan akbar tahunan tersebut.

Diskusi untuk menyempurnakan peta jalan atau road map keanggotaan penuh Timor Leste masih terus berlangsung di Kelompok Kerja Dewan Koordinasi ASEAN untuk Timor Leste alias ASEAN Coordinating Council Working Group on Timor Leste.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...