Didampingi Anak, PM Kanada Justin Trudeau Tiba di Indonesia

Tia Dwitiani Komalasari
5 September 2023, 12:18
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau tiba di lokasi KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Akbar Nugroho Gumay/nym.
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau tiba di lokasi KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (5/9) pukul 11.46 WIB. Trudeau akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di sela-sela KTT ASEAN Ke-44.

Pemimpin Kanada yang baru berpisah dengan istrinya tersebut membawa anak sulungnya, Xavier Trudeau. Nampak ayah dan anak tersebut melambaikan tangannya saat baru turun dari pesawat kenegaraan Kanada.

Trudeau adalah salah satu kepala negara yang akan ditemui Presiden Jokowi secara bilateral, selain belasan pemimpin negara lain di antaranya Jepang, Korea Selatan, China, dan Australia. Hal itu sebelumnya telah dikonfirmasi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

“Akan ada pertemuan dengan Bapak Presiden di Istana Kepresidenan,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai menghadiri Pembukaan KTT Bisnis dan Investasi ASEAN (ABIS) di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (1/9)  dikutip dari Antara.

Retno mencatat, Indonesia menerima 13 permintaan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi di sela-sela KTT Ke-43 ASEAN yang akan diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta (JCC), Senayan, 5-7 September 2023.

KTT ASEAN ke-43 dihadiri 22 negara yang terdiri atas 11 negara ASEAN, termasuk Timor Leste serta sembilan negara mitra wicara.

Di antara para pemimpin yang akan menghadiri KTT ASEAN, Menlu Retno mengonfirmasi keikutsertaan Wakil Presiden AS Kamala Harris, Perdana Menteri China Li Qiang, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol.

Sementara Rusia sebagai salah satu mitra wicara ASEAN akan mengirim Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov dalam KTT tersebut.

KTT Ke-43 ASEAN diselenggarakan di bawah Keketuaan Indonesia dengan mengusung tema "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth". Melalui tema tersebut Indonesia ingin menjadikan ASEAN tetap relevan agar mampu menghadapi berbagai tantangan ke depan, mendorong stabilitas, dan perdamaian kawasan.


Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...