NasDem Sambut Baik Jika Demokrat Kembali Dukung Anies Baswedan

Ade Rosman
5 September 2023, 19:36
NasDem Sambut Baik Jika Demokrat Kembali Dukung Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) didampingi jajaran pengurus partai memberikan keterangan pers pascapenahanan Sekjen Partai NasDem yang juga Menkominfo Johnny G. Plate oleh Kejaksaan Agung, di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Ketua DPP Partai Nasional Demokrat atau NasDem Effendy Choirie menyatakan partainya akan menyambut baik Partai Demokrat jika partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono itu kembali mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.

"Kami terbuka dan kami justru berpikir siapapun, partai apapun, Demokrat sudah mengatakan mundur, kalau balik lagi ya 'Marhaban'. Selamat kembali lagi, silahkan," kata Effendy di NasDem Tower Jakarta Pusat, Selasa (5/9).

Meski begitu, ia mengaku telah mantap dan percaya diri dengan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) saat ini. Namun, ia menyatakan Partai NasDem tak menutup diri untuk menjajaki kerja sama dengan kekuatan politik lainnya.

"Kami mantap dengan koalisi ini, tetapi kami terbuka untuk seluruh kekuatan parpol, komunitas politik untuk bergabung dengan kami," katanya.

Saat ini, KPP baru terpecah usai Partai Demokrat menarik dukungan untuk Anies Baswedan. Penarikan dukungan didasari pada manuver Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang menjodohkan Anies dengan Ketua Umum PKB Anies Baswedan.

Dengan penarikan dukungan itu, Partai Demokrat pun menyatakan keluar dari KPP yang diisi oleh NasDem dan PKS.

Teranyar, Anies dan Muhaimin mendapat dukungan dari Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi) untuk maju sebagai pasangan yang akan berlaga di Pilpres 2024.

Ketua Umum Partai Masyumi Ahmad Yani mengungkapkan, partainya telah memutuskan untuk mendukung Anies-Muhaimin. Hal itu ia sampaikan usai bertemu dengan jajaran DPP Partai NasDem yang dipimpin Ketua DPP Effendy Choirie.

"Oleh karena itu, kami memberikan dukungan penuh atas telah dideklarasikan yaitu pasangan AMIN, Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar," katanya.

Ahmad pun mengungkapkan dukungan tersebut akan dikemukakan secara formal dalam Rakornas partai yang akan dilaksanakan pada waktu dekat.

"Partai Masyumi akan melakukan Rakornas di Jakarta dan juga sekaligus juga tadi kami memberikan undangan kepada rekan-rekan NasDem, khususnya Pak Surya Paloh untuk bisa menghadiri Rakornas Partai Masyumi," katanya. 


Reporter: Ade Rosman
Editor: Lona Olavia

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...