Luhut: Elon Musk akan ke Indonesia Oktober Bahas Proyek Starlink

 Zahwa Madjid
6 September 2023, 12:18
Presiden Joko Widodo berdiskusi dengan Elon Musk di Gedung Stargate Space X, Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu (14/05/2022).
BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo berdiskusi dengan Elon Musk di Gedung Stargate Space X, Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu (14/05/2022).

Elon Musk akan berkunjung ke Tanah Air pada Oktober mendatang untuk membahas kerja sama proyek Starlink di Indonesia. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Elon akan berkunjung setelah pemerintah sepakat dengan Starlink dalam menyediakan akses internet di bagian timur Indonesia

“Ya kita lihat nanti kalo deal-nya selesai, kita harapkan ya Oktober Elon Musk datang ke Indonesia,” kata Luhut usai CEO Forum of ASEAN Bloomberg di Hotel Fairmont, Rabu (6/9).

Luhut membuka kemungkinan Elon Musk mendapat golden visa, seperti yang diberikan kepada CEO OpenAI Samuel Altman.
"Kita lihat nanti (Elon Musk bisa dapat)," katanya.

Dalam Bloomberg CEO Forum Asean Luhut pun menjelaskan pertemuannya dengan Elon Musk tiga minggu lalu ke Amerika untuk membahas kerjasama dengan Starlink.

“Saya pikir ini sangat penting bagi kami di wilayah timur Indonesia karena kami dapat menjangkau daerah yang sangat pedesaan untuk kesehatan dan juga pendidikan,” kata Luhut.

Salah satu pertimbangan pemerintah menggunakan Starlink karena biaya layanan yang relatif rendah karena teknologi yang digunakan adalah satelit orbit rendah. Pada pertengahan Agustus lalu, Luhut menyebut perusahaan milik Elon Musk tersebut memiliki sekitar 60 ribu satelit kecil yang ada di orbit rendah.

Tesla Tunda Investasi Kendaraan Listrik

Sebelumnya, Luhut mengatakan Elon Musk menjanjikan bakal tetap berinvestasi di Indonesia, tapi mundur dari rencana semula. Tesla menunda rencana investasinya hingga 1,5 tahun di seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...