Ruas Jalan Sekitar Senayan Ditutup Sore Ini, Ada Gala Dinner KTT ASEAN

Tia Dwitiani Komalasari
6 September 2023, 09:26
Pejalan kaki melintas saat rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (5/9). Jokowi menuturkan kegiataan hilirisasi industri dan pembangunan ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi AS
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pejalan kaki melintas saat rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (5/9). Jokowi menuturkan kegiataan hilirisasi industri dan pembangunan ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi ASEAN.
Kepolisian melakukan sterilisasi di beberapa ruas jalan saat jamuan makan malam atau gala dinner delegasi KTT ASEAN di Hutan Kota by Plataran di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, pada Rabu (5/8) malam. Sterilisasi jalan akan dilakukan mulai pukul 16.oo WIB sampai pukul 22.00 WIB. 
 
"Jadi mulai 16.00 WIB sampai selesai acara gala dinner ke Plataran, akan disterilkan, mungkin sampai jam 22.00 WIB," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman kepada pers di Jakarta, Selasa (5/9).
 
Latif mengatakan, Polda Metro Jaya melakukan sterilisasi di ruas jalan mulai dari arah Semanggi sampai Bundaran Senayan. Skenario rekayasa arus lalu lintas juga telah disiapkan.
 
Berikut skenaro lalu lintas saat gala dinner KTT ASEAN:
  • Kendaraan dari arah Gatot Subroto yang mau belok kiri masuk Sudirman-Thamrin dialihkan lewat Slipi atau diluruskan.
  • Sudirman-Thamrin yang mau masuk ke arah Semanggi akan dibelokkan masuk ke Kuningan atau ke arah timur
  • Kendaraan dari arah Slipi yang akan ke arah selatan diputarkan ke kiri, yaitu dari Semanggi ke arah utara
Latif mengimbau kepada masyarakat turut mendukung kesuksesan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-43. Pemerintah daerah juga telah mengeluarkan kebijakan seperti meliburkan sekolah dan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau WFH.
 
"Tentu ini kan kerja kita semuanya, atas nama negara kita juga, kebanggaan negara kita, harus mendukung semuanya," katanya.
 
Latif juga meminta maaf kepada masyarakat dengan adanya rekayasa lalu lintas ini dan berharap masyarakat juga berpartisipasi untuk suksesnya acara KTT ASEAN di Jakarta.
 
"Kami tentunya sangat minta maaf kepada masyarakat dengan adanya kegiatan ini, tapi bukannya kami mempersulit, kami juga ingin berpartisipasi untuk suksesnya KTT ASEAN di Jakarta ini," katanya.

Reporter: Antara

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...