Di KTT ASEAN, Wapres AS Janji Akan Terus Tekan Junta Militer Myanmar

Patricia Yashinta Desy Abigail
6 September 2023, 16:52
myanmar, amerika serikat, asean
ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner/RWA/sa.
Tom Brenner Wakil Presiden AS Kamala Harris menunjuk anggota audiensi t menyampaikan komentar tentang Pemulihan Ekonomi Amerika selama pidato di Guilford Technical Community College di Greensboro, North Carolina, AS, Senin (19/4/2021).

Wakil Presiden Kamala Harris menyampaikan sejumlah poin yang menjadi fokus Amerika Serikat dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN - AS. Salah satu fokusnya adalah permasalahan Myanmar.

Amerika Serikat akan terus menekan rezim tersebut untuk mengakhiri kekerasan. Harris juga berharap junta militer membebaskan semua orang yang ditahan secara tidak adil dan membangun kembali jalan Myanmar menuju demokrasi inklusif.

Selain itu, Harris akan terus mendukung lima poin konsensus ASEAN secara luas. Menurutnya, hal ini adalah bukti hubungan baik antara Amerika Serikat dan Asia Tenggara.

"Sejak Presiden Biden dan saya menjabat, kami telah memperluas hubungan kami dengan ASEAN," kata Harris dalam KTT ASEAN-Amerika Serikat di Jakarta Convention Center, Rabu (6/9).

ASEAN-MEETING
ASEAN-MEETING (ANTARA FOTO/REUTERS/Soe Zeya Tun/wsj)

Selain itu, Harris menyebut Amerika Serikat berjanji akan mendukung sentralitas ASEAN. Dia merasa jika visi kolektif Amerika Serikat untuk Indo Pasifik memiliki keselarasan yang kuat.

"Kami mempunyai komitmen bersama terhadap peraturan dan norma internasional serta kemitraan kami dalam mengatasi permasalahan nasional dan regional," katanya.

Untuk itu, kata Harris, Amerika Serikat telah meningkatkan hubungan tersebut menjadi kemitraan strategis yang komprehensif. Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi pada infrastruktur dan ekonomi digital.

Harris turut menyatakan AS meluncurkan inisiatif besar untuk mengatasi krisis iklim dan keamanan kesehatan. Negeri Abang Sam juga akan memperluas program pertukaran budaya dan pendidikan.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...