Justin Trudeau di KTT ASEAN: Bawa Anak hingga Jadi Sasaran Selfie

Ameidyo Daud Nasution
7 September 2023, 11:46
justin trudeau, kanada, ktt asean
ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Afriadi Hikmal/aww.
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bersama anaknya Xavier Trudeau tiba di Hutan Kota GBK untuk menghadiri Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Salah satu pemimpin yang hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-43 di Jakarta adalah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Kedatangan Trudeau sejalan dengan naiknya posisi Kanada menjadi mitra strategis ASEAN.

Trudeau terakhir mengunjungi Indonesia saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar di Bali. Dalam kedatangannya kali ini, ia banyak menyinggung soal pentingnya meningkatkan perdagangan Kanada dengan ASEAN dan sebaliknya.

"Kita telah bekerja sama dalam beberapa sektor, seperti keamanan udara, teknologi, dan pendidikan," kata Trudeau di Asia Indo Pacific Forum 2023, Rabu (6/9).

Dalam acara KTT G20 di Bali, Trudeau sempat menjadi sorotan karena tertangkap kamera diprotes Presiden Cina Xi Jinping. Sedangkan pada acara KTT ASEAN, ia kembali menjadi perhatian terutama dari masyarakat Indonesia.

Berikut serba-serbi kehadiran Justin Trudeau di KTT ASEAN:

Jadi Sasaran Selfie

Tudeau sempat menjadi sasaran swafoto saat agenda ASEAN Indo Pacific Forum 2023 yang digelar di sela-sela KTT ASEAN. Usai menjadi salah satu pembicara, ia sempat dikerubungi puluhan tami AIPF untuk meminta foto bersama.

Trudeau hadir sebagai pembicara dalam salah satu sesi yang bertema Sustainable and Innovative Financing. Kurang lebih, ia berpidato selama 15 menit sebelum meninggalkan lokasi.

Meski demikian, jalannya meninggalkan lokasi acara tak mulus lantaran dicegat puluhan tamu yang hadir. Hampir seluruhnya menodongkan kamera tanda ingin berfoto.

Halaman:

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...