Polusi Udara Bisa Diatasi oleh Analisis Kesehatan, Ini Penjelasannya

Muhamad Fajar Riyandanu
8 September 2023, 18:36
Polusi udara
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.
Foto udara kawasan Margonda depok yang tertutup kabut polusi udara di Depok, Jawa Barat, Jumat (25/8/2023).

Pendekatan isu kesehatan dianggap lebih relevan menjadi solusi penyelesaian masalah polusi udara dibanding pendekatan isu lingkungan. Hal ini merujuk pada efek negatif polusi udara yang langsung menyentuh kesehatan masyarakat.

Pendekatan isu kesehatan dalam mengatasi polusi udara dinilai lebih efektif untuk mencari penyebab atau akar masalah polusi udara yang akut.

Co-Founder Nafas Indonesia, Piotr Jakubowski menilai dialog masalah polusi udara yang berkembang saat ini lebih banyak pada upaya mencari sektor industri yang paling banyak mengeluarkan emisi.

Petinggi lembaga pemantau kualitas udara ini berpendapat, wacana yang berkembang lebih banyak membandingkan klaim pengeluaran emisi dari pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU batu bara, industri, maupun transportasi. Padahal, pendekatan isu kesehatan dapat menjawab penyebab dan langkah penanganan terhadap masyarakat yang terdampak polusi udara.

Melalui pendekatan tersebut, pemerintah bisa lebih awas soal penanganan masyarakat terdampak polusi udara melalui penyediaan tenaga medis, dan fasilitas kesehatan yang lebih lengkap dan mumpuni. Riwayat medis pasien bisa menjadi rujukan pemerintah untuk mendeteksi sumber polutan sekligus mengurangi sumber polutan.

“Masalah polusi udara bisa disikap sebagai isu kesehatan, bukan lingkungan,” ujar Piotr saat menjadi pembicara dialog Clean Air for Tomorrow’s Cities di Park Hyatt Jakarta pada Jumat (8/9).

Lewat pendekatan kesehatan, ujar Piotr, penanganan polusi udara menjadi lebih fokus pada sisi pemenuhan kebutuhan masyarakat. Dia mencontohkan pentingnya akses terhadap data kualitas udara.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...