Top Stories: Rapor Toleransi Anies, Pemasok iPhone Cemas Saingi Huawei

Aryo Widhy Wicaksono
12 September 2023, 10:10
Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, dan Surya Paloh sebelum deklarasi di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9). Foto: Istimewa.
Istimewa
Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, dan Surya Paloh sebelum deklarasi di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9). Foto: Istimewa.

Komitmen Anies Baswedan terhadap kebebasan beragama belakangan kembali dipertanyakan, terutama setelah Anies memastikan akan menggandeng Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon presiden (capres) dan wakil presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Anies sebelumnya dianggap memiliki kedekatan dengan kelompok Islam garis keras. Sebuah stigma yang melekat sejak dia bertarung dalam Pemilihan Gubernur Jakarta pada 2017, terutama setelah dia berkunjung ke markas FPI, Petamburan, pada 1 Januari 2017.

Pertanyaan mengenai toleransi Anies menjadi salah satu artikel yang memiliki minat baca tinggi dan menjadi artikel Top Stories Katadata.co.id.

Selain Cek Data mengenai toleransi Anies, simak juga berita mengenai kenaikan harga minyak mentah Indonesia, serta kecemasan pemasok iPhone untuk bersaing dengan Huawei yang mengeluarkan smartphone dengan cip canggih.

Berikut Top Stories Katadata.co.id:

1. Cek Data: Bagaimana Rapor Toleransi Anies Selama Memimpin Jakarta?

Komitmen Anies Baswedan terhadap kebebasan beragama kerap dipertanyakan. Anies yang akan maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dianggap memiliki kedekatan dengan kelompok Islam garis keras. Stigma ini melekat sejak dia bertarung dalam Pemilihan Gubernur Jakarta pada 2017.

Beberapa waktu lalu, bakal capres Anies Baswedan kembali ditanya soal kedekatannya dengan Front Pembela Islam (FPI) pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017. Kedekatan tersebut ditunjukkan saat dia berkunjung ke markas FPI, Petamburan pada 1 Januari 2017.

Dalam program “Desak Anies” yang diselenggarakan di Pos Bloc pada 15 Agustus 2023, Anies menjelaskan selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dirinya dekat dengan semua organisasi berbasis agama.

Pertanyaan ini bukan kali pertama ditujukan kepada Anies. Saat acara Indonesia and Data Economic Conference (IDE) Katadata 2023, dia mendapatkan pertanyaan serupa dari CEO Katadata Metta Dharmasaputra.

Metta bertanya karena banyak tudingan yang menyebutnya tokoh yang antipluralisme. Merespons hal tersebut, Anies mengaku hanya berdoa agar diberikan umur panjang untuk menepis berbagai tuduhan itu.

Ketahui lebih banyak mengenai Cek Data rapor toleransi Anies selama memimpin Jakarta.

2. ESDM Kebut Pengembangan Teknologi CCS dan CCUS, Ini Tiga Tantangannya

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berupaya mempercepat pengembangan penangkapan karbon, baik teknologi Carbon Capture and Storage (CCS) maupun Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) di Indonesia.

Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengatakan, penerapan CCS/CCUS penting diterapkan di Indonesia karena bisa menekan emisi karbon dalam rangka mengejar target net zero emission (NZE) pada 2060 atau lebih cepat.

Selain itu, Indonesia berpotensi menjadi pelopor dalam implementasi teknologi penangkapan karbon di Asia Tenggara, baik CCS maupun CCUS. Namun, Tutuka mengatakan bahwa penerapan teknologi tersebut di indonesia tentu tidak mudah karena adanya sejumlah tantangan.

Simak bagaimana tantangan Kementerian ESDM kebut pengembangan teknologi CCS dan CCUS.

3. Arab Saudi Pangkas Produksi, Harga Minyak Mentah Indonesia Naik 9%

Rata-rata harga minyak mentah Indonesia pada Agustus 2023 ditetapkan US$82,59 per barel, melonjak US$7,53 per barel atau 9,1% dibanding indonesia crude price (ICP) pada Juli sebesar US$75,06 per barel.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...