Jokowi Targetkan Pabrik Petrokimia Lotte Beres 2025, Nilainya Rp 59 T

Muhamad Fajar Riyandanu
12 September 2023, 13:15
jokowi, lotte, petrokimia
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meninjau pabrik petrokimia Lotte di Cilegon, Banten, Selasa (12/9).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini blusukan ke pabrik petrokima milik PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) di Kota Cilegon, Banten. Jokowi menargetkan pabrik tersebut akan rampung pada Maret 2025.

Saat ini, progres pembangunan pabrik itu berada di angka 73%. Adapun total nilai investasi mencapai US$ 3,9 miliar atau sekira Rp 59,8 triliun (asumsi kurs Rp 15.342 per dolar AS).

“Proyek ini sudah dimulai pada 2020 dan Maret 2025 sudah tahap pengujian dan langsung bisa produksi,” kata Jokowi kepada wartawan dalam Youtube Sekretariat Presiden.

Pabrik ini nantinya bakal memproduksi 17 komoditas petrokima, diantaranya ethylene, polypropylene dan bensin. Jokowi mengatakan hasil produksi petrokimia dari pabrik tersebut mayoritas digunakan untuk kepentingan domestik, dengan porsi 70%.

Jokowi berharap keberadaan pabrik ini bisa menekan porsi impor petrokimia. Adapun pembangunan pabrik saat ini telah menyerap 13.000 tenaga kerja.

"Saya kira industri-industri seperti ini yang kita butuhkan,” ujar Jokowi.

Pabrik dengan luas area 100 hektare itu memiliki total kapasitas produksi naphta cracker sebanyak 2 juta ton per tahun. Bahan baku tersebut selanjutnya diolah untuk menghasilkan 1 juta ton ethylene, yakni 520.000 ton propylene, 400.000 ton polypropylene, dan produk turunan lainnya. 

Industri petrokimia menghasilkan berbagai komoditas yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pada industri kemasan, tekstil, alat rumah tangga, hingga koniponen automotif dan produk elektronika.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...