Top Stories: Rights Issue Bank MNC, Kans Mahfud jadi Cawapres Ganjar

Aryo Widhy Wicaksono
14 September 2023, 09:44
Gedung MNC
Arief Kamaludin | KATADATA
Gedung MNC

PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) berencana menambah modal melalui skema rights issue, dengan melepas sebanyak-banyaknya 13,5 miliar saham seri B. Jumlah tersebut meliputi 28,57% dari modal disetor dengan nominal Rp 50 per saham.

Melansir prospektusnya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), seluruh dana yang diperoleh dari HMETD, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, akan digunakan untuk pemberian kredit.

Rencana Bank MNC Internasional ini salah satu artikel yang memiliki minat baca tinggi dan masuk daftar Top Stories Katadata.co.id. Selain itu, simak juga suasana sepi pasar Tanah Abang, dan menguatnya nama Mahfud MD di bursa bakal calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo.

Berikut Top Stories Katadata.co.id:

1. Bank MNC Rights Issue 13,5 Miliar Saham untuk Genjot Kredit

PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) berencana menambah modal dengan skema hak memesan efek terlebih dahulu atau rights issue. Dalam aksi korporasi ini, perusahaan akan melepas sebanyak-banyaknya 13,5 miliar saham seri B atau 28,57% dari modal disetor dengan nominal Rp 50 per saham.

Melansir prospektusnya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), seluruh dana yang diperoleh dari HMETD, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, akan seluruhnya digunakan untuk pemberian kredit. Namun, perusahaan tetap memperhatikan ketentuan Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM).

"Bagi pemegang saham perseroan yang tidak ikut berpartisipasi akan mengalami penurunan (dilusi) kepemilikan saham secara proporsional," tulis manajemen Bank MNC Internasional, dikutip Rabu (13/9).

Hal ini sesuai dengan jumlah saham baru yang diterbitkan yaitu sebanyak-banyaknya 28,57% setelah penambahan modal dengan rights issue.

Bank MNC Internasional akan segera melakukan penambahan modal setelah diperolehnya persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan. Selain persetujuan dari pemegang saham, perusahaan perlu pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ketauhi lebih banyak mengenai right issue Bank MNC.

2. Foto: Sepi Pembeli, Pedagang di Pasar Tanah Abang Gigit Jari

Pelataran pasar Tanah Abang memang masih ramai, namun tak padat. Pengunjung bisa leluasa berjalan tanpa harus berjejal seperti umumnya di sebuah pasar.

Terlihat di tangga Pasar Tanah Abang Blok A, beberapa porter sedang beristirahat. Halaman pasar ramai oleh pedagang buah, mi ayam, kue basah, hingga minuman ringan. Penjual yang terakhir disebut terlihat paling banyak melayani pembeli.

Kondisi serupa juga terjadi di Pasar Tanah Abang Blok B. Di sini hanya ada pedagang yang menjaga kiosnya. Hampir tidak ada pemandangan pengunjung yang singgah.

Ada pemandangan miris; penjual jauh dari kesibukan. Mereka hanya memainkan ponselnya karena tak ada pembeli yang datang. Bahkan, ada penjual yang terlelap saking sepinya pelanggan.

Simak kisah lengkap dan foto-foto suasana sepi pasar Tanah Abang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...