Top Stories: Bursa Cawapres Prabowo dan Ganjar, Banjir Bandang Libya

Aryo Widhy Wicaksono
15 September 2023, 10:37
Menkopolhukam Mahfud MD (kedua kiri) bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan), Senin (12/12/2022).
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Menkopolhukam Mahfud MD (kedua kiri) bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan), Senin (12/12/2022).

Setelah bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan memilih Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai pasangan calon wakil presiden (cawapres), kini perhatian publik mengarah kepada nama pasangan untuk Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Bursa cawapres untuk Prabowo dan Ganjar mulai mengerucut kepada beberapa nama. Terlebih setelah masing-masing capres dan partai pendukung memberikan beberapa kode kepada publik.

Penetapan nama menjadi semakin mendesak, mengingat mengingat Komisi Pemilihan Umum (KPU) memiliki wacana untuk memajukan waktu pendaftaran menjadi 10-16 Oktober 2023, dari sebelumnya pada 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Nama-nama tokoh yang masuk bursa cawapres Prabowo dan Ganjar menjadi artikel pada Kamis (14/9) yang memiliki minat baca tinggi, sehingga masuk Top Stories Katadata.co.id.

Selain artikel tersebut, terdapat juga komitmen Sandiaga Uno untuk tetap mendukung PDIP, serta banjir bandang di Libya yang diperkirakan menewaskan ribuan warga.

Berikut Top Stories Katadata.co.id:

1. Mahfud MD - Ridwan Kamil Menguat di Bursa Cawapres Prabowo dan Ganjar

Bursa calon wakil presiden untuk pendamping Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo di pemilihan presiden mendatang mulai mengerucut kepada beberapa nama. Terlebih setelah para calon presiden dan partai pendukung memberikan kode-kode pada publik.

Penetapan nama calon wakil presiden di masing-masing tim pemenangan capres makin urgen mengingat waktu pendaftaran yang kian dekat. Komisi Pemilihan Umum mengatakan ada kemungkinan jadwal pendaftaran dimajukan menjadi 10-16 Oktober 2023 dari sebelumnya dijadwalkan 19 Oktober sampai 25 November 2023.

Menjelang masa pendaftaran itu, para calon presiden pun mulai pamer mengenai kedekatan mereka dengan tokoh-tokoh yang masuk dalam bursa cawapres. Pada Minggu (10/9) Ganjar mengunggah foto pertemuan tengah berbincang dan minum kopi bareng bersama Menteri Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Selang beberapa hari setelah itu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang menjadi penyokong utama Ganjar menyebut-nyebut nama Mahfud MD dalam sebuah pidato politik. Pada Rabu (13/9) saat mengisi materi dalam diskusi politik dengan menkopolhukam Hasto menyebut Mahfud sebagai bakal calon wakil presiden yang tegas.

Ketahui lebih banyak mengenai peluang Mahfud MD dan Ridwan Kamil pada bursa cawapres Prabowo dan Ganjar.

2. Sandiaga Pastikan Komitmen Dukung PDIP, Tak Minat Lagi Buat Poros Baru

Ketua Badan Pemenangan Pemilu atau Bappilu Partai Persatuan Pembangunan Sandiaga Uno menyatakan partainya memegang komitmen untuk tetap menjalin kerja sama dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Sandiaga memastikan PPP tak akan membuat poros koalisi baru dalam menghadapi Pilpres 2024.

"Kita istiqomah dengan PDIP," kata Sandiaga, dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (14/9).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu mengatakan keputusan untuk berada di koalisi pendukung Ganjar sudah diputuskan lama. Hal itu menurut dia masih berlaku hingga saat ini.

"Sudah diputuskan kita insyallah sampai akhir bangun bangsa dalam semangat bersama. Pimpinan sudah memutuskan, saya tinggal menjalankan," kata Sandiaga.

Pada Agustus lalu Sandiaga sebelumnya sempat melontarkan wacana ingin menggandeng Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera untuk membentuk poros baru si pilpres. Wacana itu sempat menguat setelah Demokrat keluar dari kaolisi pendukung Anies Baswedan di pilpres.

Ketahui lebih banyak mengenai komitmen Sandiaga dukung PDIP.

3. IHSG Diprediksi Berfluktuasi, Saham Perbankan Jadi Rekomendasi

Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG diprediksi berfluktuasi pada perdagangan hari Kamis (14/9). Phintraco Sekuritas mengatakan sentimen yang ada cenderung beragam di tengah kecenderungan sikap wait and see pelaku pasar.

Dari eksternal, pelaku pasar masih mengkhawatirkan pertumbuhan Produk Domestik Bruto atau PDB Inggris yang berada di bawah ekspektasi. Kondisi ini menambah data-data ekonomi yang kurang memuaskan dari kawasan Eropa sebelumnya.

"Kondisi ini diyakini menekan bank sentral Eropa untuk menahan suku bunga acuan di pertemuan 14 September 2023," katanya dalam riset, Kamis (14/9).

Phintraco Sekuritas menyebut investor dapat memperhatikan saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI). Selain itu investor juga dapat memperhatikan PT Mitratel Tbk (MTEL) dan PT Prodia Widyahusada Tbk (PRDA).

Simak bagaimana IHSG diprediksi berfluktuasi.

4. Banjir Bandang Hantam Libya, Korban Bisa Mencapai 20 Ribu Orang

Banjir bandang melanda Kota Derna di Libya usai Badai Daniel menghantam pantai utara negara tersebut pada Sabtu (9/9). Saat ini, jumlah korban banjir tersebut kemungkinan bisa mencapai puluhan ribu orang.

Banjir melanda Kota Derna di Libya usai Badai Daniel menghantam pantai utara negara tersebut pada Sabtu (9/9). Saat ini setidaknya 5.100 orang dinyatakan meninggal dunia. Tim pencari masih menyisir jalan hingga lautan untuk mencari korban.

"Mayat ada dimana-mana, di dalam rumah, di jalanan, di laut. Ke mana pun Anda pergi," kata seorang tim pencari yang bernama Emad al-Falah dikutip dari Associated Press, Kamis (14/9).

Sedangkan Bulan Sabit Merah Libya mengatakan saat ini 10 ribu orang hilang akibat banjir bandang. Namun, Direktur pusat medis Al-Bayda, Abdul rahim Maziq memperkirakan 20 ribu orang tewas akibat bencana ini.

Ketahui lebih banyak mengenai banjir bandang Libya.

5. Perbandingan Tarif Argo Parahyangan dan Kereta Cepat, Pilih yang Mana?

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ditargetkan mulai beroperasi 1 Oktober 2023. Di sisi lain, kereta api eksisting Jakarta-Bandung, Argo Parahyangan, akan tetap beroperasi tanpa mengurangi jadwalnya.

Manajer Humas PT KAI Daop II Bandung, Mahendro Trang Bawono, mengatakan Argo Parahyangan masih tetap beroperasi normal. Transportasi andalan warga Bandung dan Jakarta tersebut melakukan 10 perjalanan setiap hari kerja, dan ditambah satu perjalanan pada akhir pekan.

"Jadi sampai dengan saat wawancara ini dilakukan masih seperti itu, akan tetapi apabila nanti ada perubahan-perubahan pasti akan kami informasikan," ujarnya dikutip dari Antara, Kamis (14/9).

Dia optimistis Argo Parahyangan tetap diminati meskipun nanti KCJB akan beroperasi. Menurut dia, segmen pelanggan kedua moda transportasi tersebut berbeda.

Sebagai perbandingan, tarif kereta cepat akan bervariasi berdasarkan kelas mulai Rp 250 ribu hingga Rp 350 ribu. Sementara tarif Argo Parahyangan sebesar Rp 150.000 untuk kelas ekonomi dan Rp 200.000 untuk kelas ekskutif.

Ketahui rincian perbandingan tarif Argo Parahyangan dan Kereta Cepat.

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...