Mahfud MD - Ridwan Kamil Menguat di Bursa Cawapres Prabowo dan Ganjar

Ira Guslina Sufa
14 September 2023, 06:17
Prabowo dan ganjar mencari cawapres
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Menkopolhukam Mahfud MD (kedua kiri) bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) dan Plt Ketua Dewan Pers Agung Dharmajaya (kiri) berbincang saat menghadiri diskusi Jurnalisme Berkualitas Untuk Peradaban Bangsa di Bandung, Jawa Barat, Senin (12/12/2022).

Bursa calon wakil presiden untuk pendamping Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo di pemilihan presiden mendatang mulai mengerucut kepada beberapa nama. Terlebih setelah para calon presiden dan partai pendukung memberikan kode-kode pada publik. 

Penetapan nama calon wakil presiden di masing-masing tim pemenangan capres makin urgen mengingat waktu pendaftaran yang kian dekat. Komisi Pemilihan Umum mengatakan ada kemungkinan  jadwal pendaftaran dimajukan menjadi 10-16 Oktober 2023 dari sebelumnya dijadwalkan 19 Oktober sampai 25 November 2023. 

Menjelang masa pendaftaran itu, para calon  presiden pun mulai pamer mengenai kedekatan mereka dengan tokoh-tokoh yang masuk dalam bursa cawapres. Pada Minggu (10/9) Ganjar mengunggah foto pertemuan tengah berbincang dan minum kopi bareng bersama Menteri Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. 

Selang beberapa hari setelah itu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang menjadi penyokong utama Ganjar menyebut-nyebut nama Mahfud MD dalam sebuah pidato politik. Pada Rabu (13/9) saat mengisi materi dalam diskusi politik dengan menkopolhukam Hasto menyebut Mahfud sebagai bakal calon wakil presiden yang tegas. Pujian itu ia sampaikan lewat dua buah pantun. 

Ada singkong, sukun, dan talas 

Semua penting sama seperti beras 

Prof Mahfud Md sangat tegas 

Tegakkan hukum penuh dengan integritas  

Pantun Hasto segera mendapat tepukan dari hadirin. Mahfud yang masih ada di dalam ruangan tertawa sambil bertepuk tangan. Hasto kemudian melanjutkan materi mengenai kesiapan PDIP menghadapi pemilu. Selanjutnya di akhir pidato, Hasto kembali memberikan pantun yang membawa nama Mahfud.  

Siapa yang tidak tahu Profesor Mahfud Md 

Salah satu bacawapres yang lurus tegak dan suka wedang ronde 

Pemikirannya luas hingga beberapa dekade

Di tangannya rakyat semakin pede

Pada kesempatan itu Hasto memang tidak memerinci maksud pantun yang ia buat untuk Mahfud. Pada kesempatan lain ia pernah mengkonfirmasi bahwa nama Mahfud masuk dalam kandidat calon wakil presiden bersama beberapa nama lain seperti Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil. Meski begitu ia mengatakan keputusan akhir mengenai cawapres ditentukan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

Adapun Mahfud berkelit saat ditanya mengenai kans dia menjadi cawapres pendamping Ganjar. Mahfud mengatakan belum ada pembicaraan rinci baik dengan PDIP maupun dengan Ganjar. Menurut Mahfud pertemuan dengan Ganjar pada Minggu lalu tidak menyinggung soal kontestasi menjelang pemilihan presiden 2024

"Kami tidak bicara soal capres dan cawapres. Kami tahu bahwa keputusan itu ada di pimpinan partai," kata Mahfud di Istana Merdeka pada Senin (11/9). 

Mahfud mengatakan bahwa hak penentuan cawapres Ganjar ditentukan oleh Megawati bersama partai koalisi. Oleh karena itu Mahfud mengaku tidak terlalu mempersoalkan kans dalam kontestasi pilpres. Dia meyakini partai-partai sudah memiliki instrumen lengkap untuk menentukan pasangan bakal capres-cawapres yang akan diusung.

Selain nama Mahfud MD, nama lain yang juga menguat di bursa cawapres Ganjar adalah Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno. Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah dalam diskusi di rumah aspirasi pemenangan Ganjar mengatakan Ridwan Kamil merupakan sosok yang tepat untuk mendampingi Ganjar dan memiliki potensi besar mendulang suara. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...