Asmindo Teken Kerja Sama dengan Katadata, Perkuat Industri Mebel

 Zahwa Madjid
17 September 2023, 17:11
Kerja sama Asmindo dan Katadata
Katadata
Kerja sama Asmindo dan Katadata

Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan sejumlah lembaga termasuk dengan PT Katadata Indonesia. Ketua Asmindo Dedy Rochimat mengungkapkan penandatanganan kerja sama diperlukan untuk mendorong kolaborasi untuk mengejar pertumbuhan industri mebel Tanah Air.

Dedy juga menjelaskan, upaya Asmindo menggandeng berbagai pihak merupakan bagian dari upaya merespon kritikan Presiden Joko Widodo tentang kinerja industri mebel nasional yang masih tertinggal dibandingkan dengan negara tetangga. Selain dengan Katadata, Asmindo juga meneken kerja sama dengan delapan institusi antara lain Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo),  dan Universitas Tarumanegara

“Indonesia tidak kekurangan bahan baku untuk industri mebel. Sebab, sumber daya alam berupa hutan produktif ada sekitar 70 juta hektar,” kata Dedy dalam acara nota kesepahaman UKM Merdeka antara Asmindo dengan 8 institusi di ICE BSD, Banten, Minggu (17/9).

Menurut Dedy salah satu cara untuk membuat industri mebel Indonesia berkembang dibanding negara tetangga seperti Malaysia dan Vietnam adalah dengan menguatkan kolaborasi. Karena itu, Asmindo akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk bisa meningkatkan kinerja. 

Lebih jauh Dedy menjelaskan Asmindo akan memanfaatkan pasar Asia Tenggara yang besar dengan jumlah penduduk sekitar 660 juta jiwa. Menurut dia, Asmindo akan menjalin kerja sama dengan asosiasi furniture di sejumlah negara untuk memperbanyak penjualan produk mebel Indonesia.

Menurut dia, industri furnitur nasional turut mengalami dampak akibat melemahnya pasar global karena situasi geopolitik yang terjadi akibat perang Rusia dan Ukraina. Selain itu inflasi yang disebabkan oleh kondisi resesi menyebabkan turunnya daya beli konsumen di negara-negara importir yang terdampak perang tersebut, terutama negara-negara kawasan Eropa dan Amerika Serikat.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...