AMSI Umumkan Susunan Pengurus, Ajak Perbaiki Ekosistem Digital

Agustiyanti
18 September 2023, 20:57
AMSI, susunan pengurus AMSI
Dokumentasi AMSI

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) mengumumkan susunan pengurus nasional untuk periode 2023-2027.  Mereka akan mulai bertugas mulai hari ini, Senin (18/9). 

Ketua AMSI  Wahyu Dhyatmika mengatakan, masa depan bisnis media siber di Indonesia dalam 5-10 tahun mendatang akan sangat tergantung dari perbaikan ekosistem informasi digital yang  harus dimulai hari-hari ini. Meski potensi pasar pembaca makin besar seiring pertumbuhan pengguna internet di Indonesia, menurut dia, dibutuhkan langkah konktret agar penerbit media siber mendapat bagian proporsional dari makin besarnya kue bisnis digital di Indonesia.   

"Langkah konkret yang dimaksud, antara lain menjaga kesinambungan bisnis media digital agar senantiasa sehat dan berkelanjutan, dan mengawal konten informasi yang diterbitkan media digital agar senantiasa relevan dalam hal isi dan formatnya bagi publik," kata Wahyu saat mengumumkan susunan pengurus nasional AMSI, seperti dikutip dari siaran pers. 

Ia menjelaskan, butuh pemahaman bersama mengenai apa saja yang urgen untuk dilaksanakan sebagai program kerja AMSI dalam rangka memperbaiki ekosistem bisnis media digital. Oleh karena itu, penting untuk membentuk susunan pengurus nasional AMSI yang akhirnya telah disepakati. 

“Berdasarkan diskusi panjang dengan tim formatur, saya dan sekjen AMSI telah menyepakati susunan pengurus AMSI untuk masa tugas empat tahun ke depan,” kata Wahyu. 

Ia pun memastikan, para pengurus nasional AMSI  siap untuk membantu 456 media di 27 wilayah di Indonesia untuk  menjawab tantangan bisnis dan memperbaiki ekosistem media digital di Indonesia. 

Sementara itu, Sekjen AMS  Maryadi menyatakan, kepengurusan baru akan semakin meneguhkan posisi AMSI untik membangun ekosistem bisnis media agar berkualitas kontennya dan sehat  bisnisnya.  “Kami mengundang banyak tokoh dan aktivis media digital dari berbagai latar belakang penerbit pers, untuk memperkuat kepengurusan AMSI,” ujar Maryadi yang juga menjabat Direktur Bisnis dan Digital Katadata.

Berikut ini susunan pengurus AMSI Periode 2023-2027:

  • Ketua Umum  : Wahyu Dhyatmika (Tempo.co)
  • Sekretaris Jenderal : Maryadi (Katadata.co.id)
  • Wakil Ketua Umum   : Suwarjono (Suara.com), Citra Dyah Prastuti (KBR.id), Upi Asmaradhana (Kabarmakassar.com)   
  • Wakil Sekretaris Jenderal : Yulis Sulistyawan (Tribunnews.com)   Saptini Darmaningrum (Beritajatim.com)
  • Bendahara Umum : Gaib Maruto Sigit (MNC Radio Network)
  • Wakil Bendahara Umum        : Ismoko Widjaya (Viva.co.id), Elin Y Kristanti (Liputan6.com)
  • Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan : Yatimul Ainun (TimesIndonesia.com)
  • Anggota                 :

Verrianto Madjowa (Darilaut.id)

Zen Teguh Triwibowo (Inews.id)

Nurkholis (Beritajateng.tv)

Fakhrurrodzi Baidi (RiauOnline.co.id)

Herwin Bahar (LintasTerkini.com)'

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...