Top Stories: Pedagang Tanah Abang Jualan Online, Temuan Jasad Alien

Aryo Widhy Wicaksono
18 September 2023, 13:02
Pedagang menjual pakaian secara daring melalui sociam media Tik-tok Live di Blok A dan Blok B Tanah Abang, Jakarta, Rabu (13/9).
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pedagang menjual pakaian secara daring melalui sociam media Tik-tok Live di Blok A dan Blok B Tanah Abang, Jakarta, Rabu (13/9).

Video yang menampilkan pedagang Tanah Abang ikut berjualan online melalui tayangan streaming secara langsung pada platform TikTok, mendapatkan perhatian di media sosial. Sebab, tayangan mereka ternyata sepi dari penonton maupun pembeli.

Menurut Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), fenomena tersebut merupakan efek dari pandemi corona, yang membuat pasar Tanah Abang sepi dari pembeli.

Akan tetapi, idEA menilai keputusan pedagang Tanah Abang yang mau mengubah kebiasaan mereka dari berdagang di luar jaringan menjadi ke dalam jaringan, merupakan hal yang positif.

Fenomena Pasar Tanah Abang yang sepi pembeli menjadi salah satu artikel yang mendapatkan perhatian tinggi dari pembaca, sehingga masuk daftar Top Stories Katadata.co.id.

Berikut Top Stories Katadata.co.id:

1. Pedagang Tanah Abang Sepi Penonton, Asosiasi E-Commerce: Efek Pandemi

Video yang menampilkan pedagang di Tanah Abang berjualan online tetapi sepi penonton saat melakukan live streaming viral di media sosial. Asosiasi E-commerce Indonesia atau idEA mengatakan, hal ini merupakan efek pandemi corona.

“Fenomena dua bulan terakhir, di Tanah Abang, itu sepi atau belum bertumbuh efek pandemi corona. Ada beberapa tempat yang tumbuh,” kata Ketua Umum idEA Bima Laga dalam acara Polemik bertajuk ‘Nasib UMKM di Tengah Gemerlap Social Commerce’, Sabtu (16/9).

Ia menilai, pedagang offline termasuk di Tanah Abang yang mulai masif mempromosikan produk di e-commerce maupun social commerce dengan cara melakukan siaran langsung atau live streaming menandakan sinyal positif.

Sementara Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menilai sudah terlambat untuk mengatur platform e-commerce dan social commerce. “Akibatnya Indonesia didikte platform digital global,” kata kepada Katadata.co.id, Sabtu (16/9).

Teten menilai para menteri tidak memiliki acuan terkait transformasi digital, karena belum ada strategi nasional terkait ini. “Padahal transformasi digital melibatkan banyak aspek,” katanya.

Ketahui lebih banyak bagaimana jualan online pedagang Tanah Abang sepi penonton.

2. Deretan Hal Penting di Balik Heboh Meksiko Umumkan Temuan Jasad Alien

Seorang jurnalis investigasi dan peneliti UFO, Jaime Maussan baru-baru ini memamerkan dua mayat yang diklaim sebagai sosok alien di sidang kongres tentang fenomena anomali tak dikenal atau Unidentified Aerial Phenomena (UAP), di Meksiko pada Selasa (12/9) lalu.

Menurut laporan dari Reuters, kedua mayat ini memiliki tiga jari di setiap tangan dan kepala yang memanjang, yang sesuai dengan citra ET (Extra Terrestrial).

Tak hanya itu, Maussan juga bersaksi di bawah sumpah, hampir sepertiga DNA dari makhluk-makhluk "tidak diketahui" ini dan spesimen tersebut tidak terkait dengan "evolusi terestrial kita."

Dia juga mengklaim, para ilmuwan dari National Autonomous University of Mexico (UNAM) telah mempelajari dan meneliti jasad-jasad misterius ini menggunakan penanggalan radiokarbon, yang menunjukkan bahwa usia mereka lebih dari 1.000 tahun.

Simak beberapa fakta penting di balik heboh Meksiko umumkan temuan jasad alien.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...