Teknologi Green Economy Toyota Diganjar Katadata Award

Image title
Oleh Yandi M. Rofiyandi
26 September 2023, 21:11
Teknologi Green Economy Toyota Diganjar Katadata Award
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Suasana pengunjung mengamati jejeran mobil di booth Toyota dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2).

Tahun ini Toyota meraih “Katadata Green Initiative Awards”. Perusahaan otomotif ini mendapatkan penghargaan untuk kategori transportasi dan teknologi. Anugerah ini merupakan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan.

“Meski kita tahu Toyota sejak lama menerapkan teknologi emisi ringan dalam produk-produknya namun komitmen untuk terus melakukan inovasi ke arah green technology dari Toyota layak diapresiasi dan membuat Toyota layak menerima award ini,” demikian keterangan Katadata Insight Center (KIC) dalam pemberian penghargaan pada 26 September 2023 di Jakarta. 

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan KIC dalam penghargaan ini di antaranya komitmen dan inovasi perusahaan dalam aksi hijau seperti transisi energi bersih. Demikian juga aksi korporasi dalam merealisasikan langkah produksi yang rendah emisi, pembiayaan berkelanjutan, dan sebagainya. 

 Selain sektor teknologi dan transportasi, ada kategori lain dalam “Katadata Green Initiative Awards”. Kategori tersebut yakni perbankan; energi dan pertambangan; consumer goods; serta lembaga pemerintah dan masyarakat sipil.

Berbasis Teknologi Green Economy 

Secara umum, dengan penggunaan teknologi seperti turbo engine, Euro 4, dan lain sebagainya sebenarnya rata-rata kendaraan konvensional buatan Toyota sudah rendah emisi. Namun, PT Toyota Astra Motor (TAM) tak berhenti di situ.

Perusahaan ini terus berupaya mengimplementasikan kegiatan bisnis berbasis green economy atau sustainability economy. Hal ini sejalan dengan semangat prinsipal Toyota Motor Corporation (TMC) maupun induk usaha TAM, yaitu PT Astra International Tbk (ASII).

Penerapan green economy TAM tidak hanya terwujud melalui adopsi teknologi elektrifikasi pada kendaraan bermotor roda empat yang jadi produk akhir Toyota melainkan pada berbagai aspek. Mulai dari produksi kendaraan maupun operasional lain, termasuk pengembangan sumber daya manusia yang mengarah ke konsep berkelanjutan.  

Tentu tidaklah mudah bagi siapa pun untuk menumbuhkan kesadaran secara masif kepada para konsumen saat menerapkan green economy. Namun, bagi TAM hal ini merupakan sebuah tantangan yang harus ditaklukkan. Untuk itu, Toyota terus melakukan langkah-langkah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Toyota mengajak lebih banyak lagi pihak, baik di kalangan internal maupun eksternal Toyota untuk berkontribusi dalam implementasi green economy. Selain itu, Toyota mengkampanyekan slogan  “It’s Time For Everyone” yang merupakan ajakan seluruh lapisan masyarakat dapat berkontribusi secara nyata, khususnya melalui mobilitas ramah lingkungan dengan berbagai teknologi kendaraan yang ada.

“Kampanye ini juga secara umum mendorong kesadaran dari semua pihak untuk bertindak ke arah yang lebih sustainable, bahkan dalam kegiatan kecil sehari-hari,” kata Vice President Toyota Astra Motor Henry Tanoto.

Halaman:

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...