Sekali Lagi, Green Initiative Awards Diraih Wuling

Image title
Oleh Yandi M. Rofiyandi
27 September 2023, 10:19
Brand and Marketing Director Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani saat menghadiri SAFE 2023
Katadata
Brand and Marketing Director Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani saat menghadiri SAFE 2023

Untuk kedua kalinya, PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) meraih “Katadata Green Initiative Awards”. Seperti tahun sebelumnya, perusahaan otomotif ini mendapatkan penghargaan untuk kategori teknologi dan transportasi. Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan.

“Upaya dan konsisten menghadirkan mobil listrik yang terjangkau bagi masyarakat -- yang ingin berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan yang membuat Wuling Motors Indonesia menerima award ini,” demikian keterangan Katadata Insight Center (KIC) dalam pemberian penghargaan pada 26 September 2023 di Jakarta.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan KIC dalam penghargaan ini di antaranya komitmen dan inovasi perusahaan dalam aksi hijau seperti transisi energi bersih. Demikian juga aksi korporasi dalam merealisasikan langkah produksi yang rendah emisi, pembiayaan berkelanjutan, dan sebagainya.

Selain sektor teknologi dan transportasi, ada kategori lain dalam “Katadata Green Initiative Awards”. Kategori tersebut yakni perbankan; energi dan pertambangan; consumer goods; serta lembaga pemerintah dan masyarakat sipil. 

Meningkatkan Gairah Bermobil Listrik  

Tahun lalu, Wuling menggebrak dunia otomotif dengan meluncurkan mobil listrik Air ev – yang mungil. Kehadirannya kala itu sontak menarik perhatian khalayak, terlebih dengan harganya yang teramat miring dibandingkan dengan kendaraan sejenis yang lebih dulu masuk. 

Saat itu, mobil listrik ini resmi diniagakan dengan harga Rp 238 juta untuk standard range dan Rp 295 juta untuk long range (OTR Jakarta). Air ev diluncurkan sesuai dengan Drive for A Green Life.

Tentu saja kehadiran Air ev – yang tampilannya mencolok mata itu, membuat minat masyarakat terhadap mobil listrik meningkat. Hingga pada akhirnya, dengan harga yang terjangkau, akan mempercepat elektrifikasi di Indonesia. 

Pada 2023, Air ev datang tidak lagi dengan penampilan yang biasa saja. Melainkan, hadir konsep yang lebih menarik. Yakni special display unit kendaraan listrik pertamanya di Indonesia, Air ev dengan kreasi personalisasi. 

Salah satu dari unit spesial tersebut merupakan hasil kolaborasi Wuling dengan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA). Di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, muncul dua varian spesial yakni Air ev dengan kreasi personalisasi. Salah satu unit itu merupakan hasil kolaborasi Wuling dengan NMAA. 

Di sini, tidak lagi tampil biasa-biasa saja. Toh begitu, soal kenyamanan masih menjadi perhatian Wuling. Harapannya, peminat mobil listrik ini akan terus meningkat karena penampilan yang segar menjadi daya tarik tersendiri.

“Melalui kreasi spesial ini, kami ingin menunjukkan bahwa kendaraan listrik ini sangat mudah untuk dipersonalisasi sesuai karakter dan keinginan penggunanya. Kami berharap dua unit spesial ini dapat menjadi inspirasi para konsumen Air ev untuk mengekspresikan diri dengan mobil ramah lingkungan ini,” ujar Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors.

Pada akhirnya, upaya yang dilakukan Wuling dengan mobil listrik yang memiliki harga terjangkau akan mempercepat elektrifikasi di Indonesia. Hasilnya pun mulai terlihat. Menurut data Gaikindo, pada Agustus 2023 volume penjualan wholesale mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) di Indonesia mencapai 1.329 unit.

Halaman:

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...