Infrastruktur Berkelanjutan Telkom Sabet Katadata Green Award

Image title
Oleh Yandi M. Rofiyandi
27 September 2023, 12:11
Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid memberikan paparan terkait peran Web3 dalam mendorong transformasi digital di Indo-Pasifik serta inovasi Telkom di ranah Web3 dan teknologi blockchain pada gelaran BATIC 2023 hari kedua di The Westin
Dok. Telkom
Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid memberikan paparan terkait peran Web3 dalam mendorong transformasi digital di Indo-Pasifik serta inovasi Telkom di ranah Web3 dan teknologi blockchain pada gelaran BATIC 2023 hari kedua di The Westin Resort Nusa Dua Bali, Kamis (7/9).

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menerima "Katadata Green Initiative Awards 2023" untuk kategori transportasi dan teknologi. Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap perusahaan yang menerapkan berbagai inisiatif dan inovasi untuk meningkatkan dampak baik bagi lingkungan dan menciptakan sistem perusahaan yang berkelanjutan.

“Konektivitas TelkomGroup telah mencakup lebih dari 98% penduduk Indonesia dan telah memperluas digitalisasi bahkan ke wilayah paling terpencil di negara ini,” demikian keterangan Katadata Insight Center (KIC) dalam pemberian penghargaan pada 26 September 2023 di Jakarta.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan KIC dalam penghargaan ini di antaranya komitmen dan inovasi perusahaan dalam aksi hijau seperti transisi energi bersih. Demikian juga aksi korporasi dalam merealisasikan langkah produksi yang rendah emisi, pembiayaan berkelanjutan, dan sebagainya.

Selain sektor transportasi dan teknologi, ada kategori lain dalam "Katadata Green Initiative Awards". Kategori tersebut yakni energi dan pertambangan; perbankan; consumer goods; serta lembaga pemerintah dan masyarakat sipil.

Bangun Masa Depan Digital di Kawasan ASEAN

Memperkuat digitalisasi dan inklusivitas di Indonesia menjadi fokus Telkom Indonesia sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka. Hal ini merupakan bagian dari dukungan untuk Indonesia sebagai bagian dari ASEAN, epicentrum of growth.

Indonesia memiliki lebih dari 270 juta pengguna internet pada 2023 dengan pertumbuhan ekonomi digital yang diproyeksikan akan mencapai US$ 130 miliar pada tahun 2025. Oleh karena itu, untuk membangun konektivitas yang kuat dan andal, TelkomGroup berfokus pada tiga domain digital, yakni: digital connectivity, digital platform, dan digital service.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Indonesia, FM Venusiana, mengatakan konektivitas TelkomGroup telah mencakup lebih dari 98% penduduk Indonesia. “Telkom telah memperluas digitalisasi bahkan ke wilayah paling terpencil di negara ini,” kata Venusiana.

Telkom pun merespons pesatnya pertumbuhan permintaan digital dan data center, Telkom melalui anak perusahaannya, NeutraDC. Anak usaha ini fokus pada penerapan infrastruktur berkelanjutan dan ramah lingkungan melalui kemitraan strategis, dan berkomitmen untuk memperluas pasar data center Indonesia ke pemain global dan regional.

Venusiana menambahkan data center telah bekerja sama dengan Singtel dalam membangun investasi US$ 581 juta pada Hyperscale Data Center di Batam. 

Telkom memiliki 30 fasilitas data center (25 domestik & 5 luar negeri) dan tersebar di 4 negara (Indonesia, Singapura, Hong Kong, dan Timor Leste) dengan klasifikasi Tier 3 dan Tier 4. Perusahaan ini menyediakan produk dan solusi, seperti shared colocation, dedicated colocation, cross-connect, smart hand, dan DC interconnect.

Halaman:

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...