Jokowi Minta Jalur LRT Dibangun hingga Bogor dan Manggarai

Ameidyo Daud Nasution
27 September 2023, 12:21
Tarif dan Rute LRT Jabodetabek
Antara News
Tarif dan Rute LRT Jabodetabek

Presiden Joko Widodo berencana memperluas jangkauan rute kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) ke Stasiun Bogor. Adapun saat ini rute LRT arah Bogor hanya sampai pada Stasiun Harjamukti.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas (ratas) mengenai Integrasi Moda Transportasi Publik di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (27/9).

Advertisement

Selain itu, Jokowi juga memerintahkan anggota kabinet untuk mengkaji penambahan jalur LRT untuk rute Kelapa Gading menuju Manggarai. "Agar cakupan dan jangkauan tranportasi massal ini semakin meluas," kata Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga meminta proyek fasilitas jembatan penghubung antara moda LRT dan Stasiun Kereta Cepat di Stasiun Halim, Jakarta segera dipercepat.

"Percepat pembangunan infrastruktur penghubung, jembatan penghubung misalnya antara LRT Halim dengan stasiun kereta cepat," ujarnya.

Tarif LRT Jabodebek
Tarif LRT Jabodebek (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/YU)

Presiden juga menginstruksikan percepatan integrasi moda transportasi publik untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Beberapa di antaranya adalah infrastruktur penghubung Stasiun Tanah Abang dengan Stasiun Dukuh Atas serta Stasiun Manggarai dengan layanan Transjakarta.

Lebih lanjut, Jokowi juga berencana untuk menerapkan mekanisme pembayaran langgaran yang diharapkan dapat menarik minat masyarakat agar aktif menggunakan transportasi massal. "Kaji juga mengenai mekanisme pembayaran langganan, diskonnya seperti apa," kata Jokowi.

Sebagai informasi, LRT Jabodebek yang dioperasikan PT KAI saat ini menghubungkan Harjamukti - Cawang, Bekasi Timur - Cawang, dan Dukuh Atas - Cawang. Adapun. LRT Jakarta yang dikelola Jakpro saat ini menghubungkan stasiun Velodrome dan Pegangsaan Dua di Kelapa Gading.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement