The Unilever Compass Dianugerahi Katadata Green Initiative Awards

Image title
Oleh Yandi M. Rofiyandi
27 September 2023, 16:50
VP Commercial Katadata Marahandikha berswafoto usai memberikan awarding kepada para penerima Katadata Green Initiative Award Kategori Consumer Goods di Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9). Dalam malam penganugerahan Katadata Green Initiative Award PT Unilev
Muhammad Zaenuddin|Katadata
VP Commercial Katadata Marahandikha berswafoto usai memberikan awarding kepada para penerima Katadata Green Initiative Award Kategori Consumer Goods di Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9). Dalam malam penganugerahan Katadata Green Initiative Award PT Unilever Indonesia Tbk, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Procter & Gamble (P&G) terpilih menjadi penerima award dalam Kategori Consumer Goods.

PT Unilever Indonesia Tbk meraih “Katadata Green Initiative Awards 2023” untuk kategori consumer goods. Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan.

“Unilever memiliki inisiatif pengemasan berkelanjutan dengan skema less plastic, better plastic, hingga no-plastic. Ditambah penerapan ekonomi berkelanjutan dan sirkular dengan mengajak masyarakat lebih bertanggung jawab terhadap kemasan yang mereka gunakan, terutama kemasan plastik,” demikian keterangan Katadata Insight Center (KIC) dalam pemberian anugerah pada 26 September 2023 di Jakarta. 

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan KIC dalam penghargaan ini di antaranya komitmen dan inovasi perusahaan dalam aksi hijau seperti transisi energi bersih. Demikian juga aksi korporasi dalam merealisasikan langkah produksi yang rendah emisi, pembiayaan berkelanjutan, dan sebagainya. 

Selain sektor consumer goods, ada kategori lain dalam “Katadata Green Initiative Awards”. Kategori tersebut yakni perbankan; energi dan pertambangan; teknologi dan transportasi; serta lembaga pemerintah dan masyarakat sipil.

Prinsip Keberlanjutan dalam The Unilever Compass

Unilever Indonesia memiliki komitmen dalam menjalankan bisnis yang berintegritas, bertanggung jawab dan memiliki tata kelola yang baik. Prinsip keberlanjutan ini digariskan dalam strategi ‘The Unilever Compass”. 

The Unilever Compass memiliki tiga fokus utama, yaitu membangun planet lebih lestari, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan berkontribusi dalam menciptakan dunia yang lebih adil dan inklusif.

Dalam menjalankan the Unilever Compass, Unilever Indonesia melakukan Inisiatif pengemasan berkelanjutan dengan skema less plastic, better plastic, hingga no-plastic. Unilever Indonesia juga mengurangi jejak karbon dengan penggunaan energi terbarukan serta berbagai upaya pengurangan emisi lainnya.

Langkah lainnya yaitu pemanfaatan sumber yang berkelanjutan melalui pertanian yang mengadopsi prinsip-prinsip regeneratif. Ada juga manajemen limbah, yakni 0% volume sampah yang dibuang ke landfill dan 62.360 ton pengumpulan limbah plastik melalui jaringan bank sampah di 50 kota/kabupaten dan 11 provinsi. Ditambah dengan pemanfaatan plastik daur ulang pasca konsumen menjadi teknologi bahan bakar turunan dari sampah (refuse derived fuel/RDF).

“Beroperasi di tanah air selama hampir 90 tahun, Unilever Indonesia senantiasa berkomitmen untuk bertumbuh sembari memberikan dampak positif pada lingkungan dan masyarakat,” kata Presiden Direktur Unilever Indonesia, Ira Noviarti.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...