Libur Maulid Nabi, Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Melonjak 50%

Ameidyo Daud Nasution
28 September 2023, 18:21
kereta, kai, maulid Nabi
Dokumentasi KAI Daop 1
Penumpang Kereta Api akan menaiki Argo Parahyangan di Stasiun Gambir, Jakarta.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat lonjakan pelanggan pada libur nasional Maulid Nabi hari ini. Tiket kereta jarak jauh yang terjual untuk keberangkatan Rabu (27/9) hingga Kamis (28/9) mencapai 263.303 atau naik 50% dibandingkan pekan sebelumnya yakni 175.945 tiket.

Kereta api favorit pelanggan untuk libur kali ini adalah KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung), KA Serayu (Pasarsenen-Purwokerto), KA Airlangga (Pasarsenen-Surabaya Pasarturi), hingga KA Sri Tanjung (Lempuyangan-Ketapang).

KAI memperkirakan jumlah penumpang kereta jarak jauh akan bertambah memasuki akhir pekan. Oleh sebab itu, mereka menyiapkan kereta tambahan.

"KAI menyiapkan 1.120 perjalanan kereta api jarak jauh atau rata-rata 224 KA per hari," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Kamis (28/9).

KAI meminta pelanggan memperhatikan aturan bawang bawaan yakni volume maksimal 20 kilogram atau volume 100 dm3. Bagasi yang melebihi berat dan ukuran sampai dengan setinggi-tingginya 40 kilogram dan volume 200 dm3 akan dikenakan biaya tambahan.

Biaya tambahan yang dikenakan adalah Rp 10 ribu per kilogram untuk kelas eksekutif, Rp 6.000 per kilogram untuk kelas bisnis, dan Rp 2.000 per kilogram untuk kelas ekonomi.

Joni juga mengingatkan penumpang tak membawa barang mudah terbakar, senjata tajam, benda berbau menyengat, hingga hewan peliharaan. Joni juga berharap masyarakat dapat menikmati perjalanan dengan kereta.

"Sehingga momen liburan bersama keluarga atau kolega dapat dinikmati dengan nyaman dan menyenangkan," katanya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...