Sejumlah Wilayah Dikepung Kebakaran Hutan, Ini Daftarnya

Ameidyo Daud Nasution
2 Oktober 2023, 15:05
kebakaran hutan, karhutla,
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa.
Petugas Manggala Agni Daops Banyuasin menarik selang air untuk memadamkan kebakaran lahan di Desa Muara dua, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Kamis (21/9/2023).

Kebakaran hutan terus melanda sejumlah wilayah Indonesia akibat cuaca kering. Terbaru, api melanda kawasan Gunung Lawu, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur.

Dari laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), luas lahan yang terbakar di gunung tersebut telah mencapai 200 hektare. Akibat kejadian tersebut, Bupat Kabupaten Ngawi menetapkan status tanggap darurat.

"Titik api muncul di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Manyul dan Campur Rejo, Kecamatan Jogorogo, kawasan Gunung Gede area Gunung Lawu sisi utara Ngawi," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ngawi Prila Yuda Putra dikutip dari Antara, Senin (2/10).

Sebelumnya, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terpaksa ditutup usai kebakaran yang melanda 989 hektare lahan Bromo. Kejadian ini berawal dari sebuah acara prewedding yang digelar beberapa orang.

Mereka menyalakan suar, namun apinya mengenai rumput kering sehingga merembet di area Bukit Teletubbies. Saat ini polisi telah menetapkan manajer wedding organizer tersebut sebagai tersangka.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Situ Nurbaya mengatakan kebakaran hutan saat ini bersamaan dengan puncak musim kemarau pada September. Ia mengatakan kebakaran terjadi di Jawa, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, hingga Sumater Selatan.

"Saya mengkhawatirkan di Jawa, banyak kebakaran terjadi di taman nasional," kata Siti di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (30/9).

Berikut daftar kebakaran hutan yang baru saja terjadi:

Bromo

Kebakaran terjadi di Bukit Teletubbies, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur pada Rabu (6/9). Kebakaran dipicu percikan suar dari proses pemotretan prewedding.

Percikan suar yang mengenai rumput kering memicu kebakaran besar. Total, 989 hektare lahan yang terbakar.

Upaya pemadaman api kebakaran Gunung Bromo
Upaya pemadaman api kebakaran Gunung Bromo (ANTARA FOTO/Muhammad Mada/hp.)

Akibatnya, polisi menetapkan satu orang tersangka dalam kasus ini. Saat ini,kasus kebakaran tersebut telah diusut langsung oleh Polda Jawa Timur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...