Jokowi Tunjuk Kepala Badan Pangan Sebagai Plt Menteri Pertanian

Muhamad Fajar Riyandanu
6 Oktober 2023, 14:03
jokowi, badan pangan, syahrul yasin
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi memberikan keterangan pers usai mengikuti rapat tentang pangan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, sebagai pelaksana tugas atau Plt Menteri Pertanian mulai hari ini. Arief akan menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri pada Kamis (5/10).

Jokowi menjelaskan pengangkatan Arief Prasetyo sebagai Plt Menteri Pertanian didasari oleh posisi strategisnya sebagai Kepala Badan Pangan. Menurutnya, Kepala Badan Pangan akan selalu berkoordinasi dengan lembaga lainnya dalam bidang penyediaan pangan masyarakat. 

"Supaya lebih koordinatif, lebih memudahkan karena biasanya Bulog, Badan Pangan, Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan ini selalu harus satu,," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Merdeka Jakarta pada Jumat (6/10).

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi mengatakan dirinya telah meneken surat pemberhentian Syahrul Yasin Limpo. Surat telah diterimanya dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Kamis (5/10).

Pada kesempatan tersebut, Jokowi tak menyebutkan berapa lama Arief akan mengembang amanah sebagai Plt Kementerian Pertanian. Jokowi juga tak menjawab pertanyaan wartawan saat ditanya soal potensi Menteri Pertanian definitif bakal diserahkan kepada Partai Nasdem. "Secepatnya," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Syahrul menjelaskan alasannya mundur karena ingin fokus pada kasusnya. Syahrul mengatakan dirinya siap bertanggung jawab atas apapun perbuatannya. 

"Saya meminta waktu kepada Presiden, diberi kesempatan lewat Pak Pratikno untuk menyampaikan usulan untuk mengundurkan diri," katanya di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (5/10). 

Sebelum mengundurkan diri, Syahrul sempat hilang kontak dari rombongan Kementerian Pertanian saat menjalani kunjungan kerja ke Spanyol, pada 29 September 2o20


Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...