Jokowi Minta Relawan jadi Sistem Pendingin di Tengah Memanasnya Pemilu

Agustiyanti
7 Oktober 2023, 14:39
jokowi, relawan
ANTARA/Andi Firdaus
Presiden RI Joko Widodo saat menyampaikan arahan dalam agenda Konsolidasi Nasional Jaringan Relawan Alap-Alap Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/10/2023)

Presiden RI Joko Widodo meminta relawan dapat berperan sebagai sistem pendingin saat menghadapi dinamika politik menjelang kontestasi Pemilu 2024. Ia menekankan bawah pemilu 2024 adalah ajang politik yang diselenggarakan rutin setiap lima tahun sekali. 

"Tolong, saya minta bantuan seluruh relawan agar seluruh relawan jadi sistem pendingin yang membuat suasana adem 'di bawah', setuju?," kata Jokowi saat menyampaikan arahan dalam Konsolidasi Nasional Jaringan Relawan Alap-Alap Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu

Jokowi berharap kontestasi Pemilu 2024 dapat berjalan damai tanpa diwarnai intrik politik, seperti ujaran kebencian hingga berita bohong atau hoaks. "Kalau ada yang panas-panas, sudah disiram air biar dingin. Kalau ada ribut kecil di bawah, beri wejangan, beritahu bahwa pemilu selalu ada setiap lima tahun. Siap?," kata Jokowi disambut riuh tepuk tangan relawan.

Menurut dia, Pemilu harus dijalani dengan riang dan gembira, tanpa saling benci, fitnah, menjelakkan, merendahkan. Ia menegaskan bahwa ciri bangsa yang besar terlihat dari ikatan persatuan yang kuat dan mengedepankan kerukunan. 

"Saya kadang geleng-geleng, masyarakat di bawah masih ramai, padahal pemimpin di atas sudah 'ngopi-ngopi bareng'. Yang di atas sudah makan bersama, tetepi yang di bawah kok masih ramai," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...