Top Stories: Kementan Bersih-Bersih, RI Cari Turis Berkualitas

Aryo Widhy Wicaksono
10 Oktober 2023, 12:09
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi memberikan keterangan pers usai mengikuti rapat tentang pangan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/3/2023).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi memberikan keterangan pers usai mengikuti rapat tentang pangan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Usai Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri setelah diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Arief Prasetyo Adi menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian.

Arief langsung berencana memulihkan muruah kementeriannya akibat kasus dugaan korupsi tersebut, dengan melakukan upaya 'bersih-bersih'.

Setelah memimpin, Arief mengumumkan kebijakan pertamanya adalah tidak memberi toleransi kepada pegawai yang tidak memiliki integritas.

Komitmen Arief menjadi salah satu artikel yang memiliki minat baca tinggi, sehingga masuk Top Stories Katadata.co.id. Selain itu, simak juga imbas dari TikTok Shop tutup, serta upaya Indonesia mencari wisatawan mancanegara atau turis berkualitas.

Berikut Top Stories Katadata.co.id:

1. Bersih-Bersih Kementan ala Plt Menteri Arief

Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi berencana memulihkan marwah kementeriannya yang sedang tersandung kasus korupsi. Karena itu, ia akan melakukan 'bersih-bersih' dalam waktu dekat.

Pemulihan marwah menjadi penting karena tujuan utama Kementerian Pertanian adalah memberi pangan untuk 270 juta masyarakat Indonesia. Ia mengumumkan kebijakan pertamanya adalah tidak ada toleransi bagi pegawai yang tidak memiliki integritas.

"Hari Rabu atau Kamis pekan ini kami akan buat pakta integritas. Saya mau buat baru supaya Kementan ini kembali marwahnya," ujarnya di depan Gedung A Kementerian Pertanian, Senin (9/10).

Selain itu, Arief mengumumkan akan menunjuk nama Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian hari ini bersama Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi. Nama tersebut akan dibawa ke Istana Negara sebagai rekomendasi untuk Presiden Joko Widodo

2. Barito Renewables Energy Resmi Melantai di BEI, Sahamnya Sentuh ARA

PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN), resmi mencatatkan perdana sahamnya pada hari ini (9/10) dengan harga Rp 780 per saham. Pada perdagangan perdananya, saham BREN menyentuh batas atas kenaikan harga saham atau auto rejection atas (ARA).

Berdasarkan data perdagangan sampai dengan pukul 09.15 WIB, harga saham BREN naik 25% ke level Rp 975 dari level harga penawaran umum sebesar Rp 780 per saham.

Sejak awal perdagangan saham BREN sudah berada di zona hijau. Volume saham yang diperdagangkan tercatat 18,63 juta dengan nilai transaksi Rp 18,17 miliar. Sementara itu, frekuensi perdagangannya tercatat sebanyak 3.603 kali. Lalu kapitalisasi pasarnya yaitu Rp 130,44 triliun.

"Langkah ini menegaskan komitmen kami yang teguh untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam upayanya menuju transisi energi yang berkelanjutan," kata CEO Barito Pacific dan Komisaris Utama Barito Renewables Agus Salim Pangestu, Senin (9/10).

3. TikTok Shop Ditutup, Agensi Tutup dan PHK

TikTok Shop resmi ditutup pada Pukul 17.00 WIB, Rabu pekan lalu (4/10). Beberapa agensi pun tutup dan berencana melakukan pemutusan hubungan kerja alias PHK.

Jomax, pegawai divisi pemasaran pada perusahaan agensi live streaming mengatakan, bisnisnya terkena dampak dari penutupan TikTok Shop. Sebab sepengetahuannya, lebih dari 50% penjual yang melakukan siaran langsung merupakan agen yang disewa oleh brand.

“Jadi bukan perorangan lain. Agen yang bekerja,” kata Jomax kepada Katadata.co.id, Kamis (5/10).

Berdasarkan informasi yang ia terima dari beberapa rekan, sejumlah agensi tutup setelah TikTok Shop ditutup. Oleh karena itu, berpotensi terjadi pemutusan hubungan kerja alias PHK.

4. Dewas Pelajari Kasus Dugaan Pemerasan Syahrul Limpo oleh Pimpinan KPK

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya menaikkan status perkara dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo naik ke penyidikan.

Polda telah melakukan gelar perkara pada Jumat (6/10) sebelum menaikkan status perkara.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Dewan Pengawas KPK Syamsuddin Haris mengatakan akan mempelajari perkembangan penyelidikan kasus yang menyeret pimpinan komisi antirasuah.

"Dewas masih mempelajari pengaduan yang masuk dan juga sedang kumpulkan bahan dan keterangan," kata Syamsuddin saat dihubungi, Senin (9/10).

5. 2024 Target 14 Juta Wisman, Menteri Sandiaga Sasar Turis Berkualitas

Kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman pada 2024 mencapai 14 juta orang. Target tersebut naik 68,67% dari tahun ini yang sejumlah 8,3 juta orang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno memperkirakan capaian kunjungan turis asing dapat mencapai 16 juta orang pada 2024 atau 2025. Proyeksi tersebut mendekati total kunjungan wisatawan di dalam negeri pada 2019 atau sejumlah 16,1 juta orang.

"Jika ada terobosan-terobosan seperti penerbangan dengan pesawat Airbus A380 dan fokus ke pasar Australia, India, Cina, Malaysia, dan Singapura, kita bisa capai angka 16 juta antara 2024-2025," kata Sandiaga dalam konferensi pers di kantornya, Senin (9/10).

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...