Tekan Dampak Perubahan Iklim, Jokowi Andalkan Strategi Ekonomi Biru

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Oktober 2023, 16:16
jokowi, ktt ais, ekonomi biru
ANTARA FOTO/Media Center AIS Forum 2023/Akbar Nugroho Gumay/pras.
Presiden Joko Widodo (kiri) berjalan bersama Presiden Federasi Mikronesia Wesley W Simina sebelum pembukaan KTT AIS Forum 2023 di Nusa Dua, Bali, Rabu (11/10/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut negara kepulauan dan negara pulau menjadi wilayah paling rentan terkena dampak perubahan iklim. Untuk itu, Jokowi mengatakan ada empat strategi yang telah disepakati oleh 51 negara anggota Archipelagic and Island State (AIS)

Keempat stategi itu yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, implementasi ekonomi biru, perlindungan ekosistem laut dan tata kelola laut yang baik. Pernyataan tersebut dikatakan oleh Jokowi saat memberikan keterangan pers Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AIS Forum 2023 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

"KTT AIS sepakat untuk memengang prinsip solidaritas, kesetaraan, dan inklusifitas sebagai landasan dalam bekerja sama," kata Jokowi dalam Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (11/10).

Jokowi mengatakan bahwa upaya menanggulangi dampak krisis iklim yang kian nyata menjadi kewajiban bagi negara maju maupun negara berkembang. Ini peluang bagi negara berkembang untuk mengambil inisiatif pembangunan, sehingga memiliki kesempatan dan hak yang sama dengan negara maju.

"Kolaborasi dan kesatuan negara kepulauan dan negara pulau sangat dibutuhkan untuk dapat tumbuh bersama dan mengatasi beragam tantangan yang ada," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan potensi ekonomi biru di negara kepulauan perlu dimanfaatkan agar bisa menjadi pilar pertumbuhan kesejahteraan rakyat. Ekonomi biru merupakan praktik pemanfaatan sumber daya laut untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan, dan mata pencaharian sekaligus pelestarian ekosistem laut.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...