Jokowi Siapkan Lapas Khusus Bandar Narkoba di Nusakambangan

Muhamad Fajar Riyandanu
12 Oktober 2023, 14:30
narkoba, jokowi, lapas
ANTARA FOTO/Rony Muharrman/aww.
Petugas kepolisian Ditresnarkoba Polda Riau memusnahkan barang bukti narkotika jenis sabu di Mapolda Riau, di Pekanbaru, Riau, Rabu (9/8/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk menyiapkan penjara atau lembaga pemasyarakatan (lapas) khusus untuk para pengedar dan bandar narkoba di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Kesepakatan tersebut merupakan salah satu poin hasil rapat internal di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (12/10). Langkah merupakan respons pemerintah dalam menyikapi fenomena lapas yang kelebihan kapasitas.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD.mengatakan bahwa rencana tersebut kini tengah dimatangkan oleh Polri, Badan Narkotika Nasional dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Lapas khusus napi narkoba ini bakal menerapkan keamanan maksimum.

"Sekitar 270.000 penghuni lapas itu 51% adalah narkoba. Jumlahnya banyak karena ada yang sebagai pengguna, mungkin terjebak temannya, sampai terjebak aparat nakal," kata Mahfud saat ditemui wartawan usai rapat.

Kemenkumham telah membangun tiga lapas baru di Nusakambangan yaitu Lapas Maksimum Ngaseman, Lapas Gladakan, dan Lapas Nirbaya. "Lapas yang super security yang nanti juga insyaallah akan ditinjau oleh presiden untuk satu peresmiannya," ujar Mahfud.

Ketiga lapas baru ini merupakan penguatan sistem pemasyarakatan di Indonesia yang digagas oleh Jokowi. Hal tersebut sebagai fokus penanggulangan aksi kejahatan luar biasa yang saat ini mulai berkembang termasuk kejahatan narkotika hingga terorsime.

"Kejahatan dan pelanggaran narkoba sekarang ini sudah terlihat begitu masif," kata Mahfud.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...