Relawan Projo Resmi Usung Prabowo Sebagai Calon Presiden 2024

Amelia Yesidora
14 Oktober 2023, 18:51
Relawan Projo resmi mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden di Pemilu 2024, Sabtu (14/10).
Katadata/Amelia Yesidora
Relawan Projo resmi mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden di Pemilu 2024, Sabtu (14/10).

Relawan Pro Jokowi (Projo) resmi mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden di Pemilu 2024. Deklarasi dukungan disampaikan di rumah kediaman Prabowo.

Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi menyatakan dukungan dengan simbol memberikan baju dan status anggota Projo untuk Prabowo.

“Kami dari Projo ingin menganugerahkan anggota kehormatan Projo bagi Bapak Prabowo Subianto,” ujar Budi di kediaman Prabowo yang terletak di Jalan Kertanegara, Jakarta, Sabtu (14/10).

Prabowo menyambut dukungan ini dan menganggapnya sebagai sebuah kehormatan. “Adalah suatu kehormatan kita bisa memberi bakti kita kepada bangsa dan negara” kata Prabowo.

Saat deklarasi tersebut, Prabowo bercerita bagaimana selama 10 tahun ke belakang ia merupakan rival politik Joko Widodo. Meski bersaing, ia mengaku tetap bersahabat dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Saat Jokowi mengalahkan Prabowo dalam Pemilu 2014, ia datang ke rumah Prabowo. Prabowo menuturkan kala itu ia mengakui kemenangan Jokowi dan mendukungnya sebagai presiden.

Kemudian peristiwa sama terjadi pada Pemilu 2019. “Ternyata begitu beliau menang, beliau mengajak saya bergabung dalam rekonsiliasi besar bangsa ini,” katanya.

Saat menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo melihat bagaimana Jokowi berpihak pada rakyat kecil. Selain itu juga berani membela kepentingan nasional meski ditekan negara lain.

“Karena itu, saya sepenuh hati bersatu dengan beliau. Tidak setengah hati, tidak di depan lain di belakang lain. Saya bukan orang seperti itu,” katanya.

Pesan Jokowi saat Rakernas Projo: Ojo Kesusu

Agenda Rakernas Projo yang dihadiri Presiden Jokowi batal mengumumkan deklarasi calon presiden dan calon wakil presidennya pada hari ini. Jokowi menyampaikan agar para relawan Projo bersabar menunggu calon presiden pilihannya. 

"Sudah saya sampaikan, ojo grusa-grusu. Kedua saya sampaikan, ojo kesusu. Ketiga saya sampaikan jangan tergesa-gesa. Nanti kalau sudah tiba waktunya, semuanya akan tahu," kata Jokowi di Indonesia Arena, Jakarta Pusat, Sabtu (14/10).

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan capres pilihannya pun tak ada di lokasi saat ini. "Masih sabar menunggu gak? Jangan mendesak-desak untuk hari ini saya ngomong siapa. Karena juga orangnya enggak ada disini," kata Jokowi sembari tersenyum.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...