Jejak Projo: Dulu Tolak Prabowo, Sekarang Dukung jadi Capres

Ameidyo Daud Nasution
16 Oktober 2023, 14:55
projo, prabowo, jokowi
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) menerima buku maklumat Projo dari Ketua DPP Projo Budi Arie Setiadi (kanan) pada acara deklarasi dukungan di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Sabtu (14/10/2023).

Relawan Pro Jokowi (Projo) telah melabuhkan dukungan ke Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Para pengurus Projo yang dipimpin oleh Budi Arie Setiadi bahkan menyambangi kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan pada Sabtu (14/10) untuk menyampaikan secara langsung dukungan mereka.

Tak hanya itu, Budi Arie juga menyatakan dukungan dengan simbol memberikan baju dan status anggota Projo untuk Prabowo.

“Kami dari Projo ingin menganugerahkan anggota kehormatan Projo bagi Bapak Prabowo Subianto,” ujar Budi di kediaman Prabowo yang terletak di Jalan Kertanegara, Jakarta, Sabtu (14/10).

Ini merupakan langkah berbeda dari Projo jika dibandingkan beberapa tahun lalu. Pada 2019, relawan tersebut menolak masuknya Prabowo ke dalam Kabinet Indonesia Maju karena dampak Pemilihan Presiden 2019 yang keras.

Projo bahkan sempat menyatakan pembubarannya usai Prabowo masuk kabinet. Meski demikian, rencana itu urung dilaksanakan usai Budi Arie dilantik Jokowi sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

“Ya kami mau pamit, tapi ditugaskan lagi (sebagai wamen), gimana?” kata Budi di Istana Merdeka, Jakarta pada 25 Oktober 2019 lalu.

Saat dilantik, Budi mengaku sudah tak ada masalah lagi dengan Prabowo. Bahkan, dirinya merasa sudah mulai bisa berhubungan baik dengan Prabowo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...