Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan Daftar ke KPU Besok Siang

Ade Rosman
18 Oktober 2023, 11:57
mahfud, ganjar, kpu
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo (kiri) didampingi bakal calon wakil presiden Mahfud MD (kedua kiri) dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani (kanan) menyampaikan pidato saat acara pengumuman bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2024 di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Mahfud MD secara resmi dideklarasikan sebagai calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo. Pasangan yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Perindo, dan Hanura itu akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (19/10).

"Pendaftaran ke KPU akan dilaksanakan pada hari Kamis 19 Oktober pada jam 11.00 WIB," kata Hasto dalam konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (18/10).

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjelaskan alasan dirinya dan tiga partai lain memilih Mahfud MD menjadi calon wakil presiden Ganjar Pranowo. Megawati beralasan sosok Mahfud berpengalaman di legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

"Prof Mahfud juga dikenal rakyat sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik," kata Megawati saat pengumuman di DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10).

Selain itu, Mega merasa tak asing dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan itu. Ini karena Mahfud pernah menjadi anggota Dewan Pembina di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Jadi saya sangat bisa mengerti jalan pikirannya," kata Mega.

Megawati juga sempat berpesan kepada Mahfud agar membenahi sistem hukum. Ia juga mengaku senang melihat orang yang mengerti hukum bisa mendampingi Ganjar.

"Untuk apa ada aturan hukum kalau semuanya pada diam. Ayo Pak, kita ngomong Pak," kata Megawati.

Saat pengumuman, Megawati didampingi oleh tiga ketua umum partai pendukung Ganjar di pilpres. Ketiganya adalah Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan M. Mardiono, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang.


Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...