Bidik Suara Anak Muda, Ganjar - Mahfud Gelar Deklarasi Bersama Gen Z

Ade Rosman
18 Oktober 2023, 17:39
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo (kiri) dan bakal calon wakil presiden Mahfud MD (kanan) melakukan salam komando saat acara pengumuman bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2024 di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo (kiri) dan bakal calon wakil presiden Mahfud MD (kanan) melakukan salam komando saat acara pengumuman bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2024 di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023). Mahfud MD secara resmi ditunjuk sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo.

Bakal calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo - Mahfud MD akan berdeklarasi bersama kalangan muda di Gedung Arsip Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (18/10) malam. Kegiatan ini merupakan upaya Ganjar - Mahfud membidik suara anak muda.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, nantinya Ganjar dan Mahfud akan menerima dukungan dari para pemuda, tokoh milenial, dan kalangan generasi Z.

"Semua akan dilaksanakan dengan menegaskan komitmen terhadap masa depan yang berpijak pada sejarah bangsa yang hebat," kata Hasto kepada wartawan di kantor DPP PDIP, Rabu (18/10).

Deklarasi dukungan anak muda ini di hari yang sama dengan pengumuman Mahfud terpilih sebagai bakal cawapres mendampingi Ganjar. Ketua Umum PDIP Megawati bersama petinggi partai koalisi lainnya, yakni PPP, Hanura dan Perindo memutuskan mendukung Mahfud.

Berdasarkan survei Litbang Kompas, elektabilitas bakal capres Ganjar Pranowo unggul di kalangan pemilih generasi Z.

"Kelompok responden generasi Z, atau saat ini yang berusia 17-25 tahun, memilih Ganjar Pranowo sebagai presiden dengan persentase terbesar, yaitu 31%," tulis tim Litbang Kompas dalam laporannya, Rabu (4/10).

Di bawahnya, ada Prabowo Subianto yang perolehannya selisih tipis dengan Ganjar. Ketua Umum Gerindra itu meraih dukungan sebesar 28,2% dari responden generasi Z.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...