Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar: Tak Keluar Uang Sama Sekali

Yuliawati
Oleh Yuliawati
18 Oktober 2023, 15:34
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterangan pers jelang kick off penyelesaian pelanggaran HAM berat masa lalu di Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (23/6/2023).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterangan pers jelang kick off penyelesaian pelanggaran HAM berat masa lalu di Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Bakal calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD mengatakan dirinya tidak mengeluarkan uang sedikitpun untuk menjadi kandidat pendamping Ganjar Pranowo di Pemilu 2024. Baik PDIP, PPP, Partai Hanura, dan Perindo tak memintanya uang untuk mendanai kegiatan pemilihan presiden.

"Saudara percaya? Yakin 100 persen, bahkan 1.000 persen, saya masuk ke situ menjadi (bakal) cawapres, disetujui oleh partai koalisi, (saya) tidak mengeluarkan uang sepeser pun," kata Mahfud MD ditemui di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu (18/10).

Dia mengatakan pernah mendengar isu untuk menjadi capres dan cawapres perlu menyetorkan uang. "Dulu ramai isunya, tak punya uang enggak bisa jadi cawapres, enggak bisa capres, harus setor ke pimpinan partai. Ini sepeser pun sungguh tidak," kata Mahfud.

Mahfud menilai partai-partai yang berkoalisi mengusung Ganjar Pranowo, memang mencari dan mempertimbangkan tokoh-tokoh berkualitas sebagai bakal cawapres.

"Partai ini memang memilih kualitas. Tidak menentukan berdasarkan 'isi tas'," kata Mahfud.

Mahfud mengatakan pemimpin partai koalisi pengusung Ganjar juga meriset tokoh mana yang layak menurut survei. Namun, mereka juga menghitung kualitas sosok tersebut. "Bagi saya ini surprise betul. Saya tidak ditanya apa, uang kampanyenya bagaimana, tidak ada," kata Mahfud.

Justru sebaliknya, kata Mahfud, partai koalisi pengusung Ganjar menawarkan bantuan untuk kebutuhannya kampanye. "Ketua partai itu (bilang), You perlu apa? Bilang, biar kami yang mengurus, karena ini keperluan negara," kata Mahfud.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...