Prabowo Umumkan Gibran Jadi Cawapres, Rabu Mendaftar ke KPU

Lona Olavia
22 Oktober 2023, 20:23
Prabowo Umumkan Gibran Jadi Cawapres, Rabu Mendaftar ke KPU
Antara
Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto di Jakarta, Minggu (22/10/2023) mengumumkan Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden RI Joko Widodo sekaligus Wali Kota Surakarta, sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju untuk Pilpres 2024. ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto resmi mengumumkan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wakil presidennya. Pengumuman ini dilakukan usai semua ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) menggelar rapat di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (22/10) malam.

Prabowo mengatakan, KIM yang terdiri dari delapan partai politik yaitu Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gelora, Partai Bulan Bintang, Partai Garda Republik, dan Partai Prima telah berembug secara final, secara konsensus dan seluruhnya sepakat mengusung Prabowo subianto sebagai calon presiden (capres) dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) dari KIM periode 2024-2029.

“Ini keputusan aklamasi bulat dan konsensus dan kami siap maju untuk Indonesia maju,” tegas Prabowo dalam jumpa pers di kediamannya, Minggu (22/10).

Prabowo mengatakan, ia dan Gibran akan mendaftarkan pencalonannya pada Rabu (25/10) mendatang ke KPU. “Demikian yang bisa saya sampaikan untuk masyarakat umum,” katanya.

Pasangan ini menjadi satu-satunya yang belum mendaftar ke KPU. Dua bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden lainnya, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah mendaftarkan diri mereka lebih dahulu pada hari pertama pendaftaran.

Adapun saat mengumumkan cawapresnya, Prabowo didampingi oleh ketua umum partai anggota Koalisi Indonesia Maju, di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Gelora Indonesia Anis Matta, dan Ketua Umum PRIMA Agus Jabo Priyono.

Namun Gibran yang dideklarasikan pada malam ini tidak terlihat ada di kediaman Prabowo.  Menurut Prabowo karena yang hadir malam ini adalah para ketua partai saja. 


Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...