PAN Sebut akan Ada Satu Parpol Lagi Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Muhamad Fajar Riyandanu
23 Oktober 2023, 13:24
pan, prabowo, gibran
ANTARA FOTO/ Donny Aditra/wpa/nz
Bakal calon presiden Prabowo Subianto (tengah) didampingi ketua umum partai dari Koalisi Indonesia Maju (kiri ke kanan) Ketua Umum Partai Glora Anis Matta, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di Jalan Kertanegara, Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Partai Amanat Nasional (PAN) menyebut bakal ada satu partai politik lagi yang akan bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Maju. Partai tersebut akan mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka di ajang Pilpres 2024.

Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno, mengatakan bergabungnya satu partai politik itu bakal menjadi tambahan amunisi dan tenaga untuk mempercepat gerak tim kampanye nasional (TKN) pemenangan pasangan Prabowo - Gibran.

Partai politik itu akan mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo-Gibran sebelum keduanya mendaftar sebagai calon presiden dan wakil presiden ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (25/10).  Kendati demikian, Eddy tak memerinci partai politik mana yang kini tengah merapat ke Koalisi Indonesia Maju.

"Mudah-mudahan sebelum kami mendaftar ke KPU, akan ada satu partai politik lagi yang mendeklarasikan dukungan," kata Eddy saat dihubungi lewat sambungan telepon pada Senin (23/10).

Adapun saat ini Koalisi Indonesia Maju terdiri dari atas empat partai politik parlemen yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN dan Partai Demokrat serta beberapa partai non-parlemen seperti PBB, Partai Gelora dan PRIMA.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Maju. Hal terlihat dari lawatan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep yang melaksanakan pertemuan dengan Airlangga di Kantor DPP Golkar Jakarta pada Rabu (18/10).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...