Ketua KPK Firli Bahuri Akui Bertemu Tersangka Korupsi Eks Mentan SYL

Desy Setyowati
25 Oktober 2023, 08:34
kpk, Firli Bahuri, syahrul yasin limpo, mentan,
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memberikan keterangan kepada media terakit penetapan tersangka kasus dugaan korupsi liquefied natural gas (LNG) atau gas alam cair di gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Ketua KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri mengakui bertemu dengan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo alias SYL pada Maret 2022. SYL merupakan tersangka dugaan korupsi lelang jabatan.

Firli Bahuri diperiksa oleh tim penyidik gabungan dari Subdit Tindak Pidana Korupsi Subditipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Ditipikor Bareskrim Polri sebagai saksi terkait dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Ketua KPK itu menjalani pemeriksaan lebih dari tujuh jam di ruang pemeriksaan Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri lantai IV, yakni sejak pukul 10.00 WIB hingga 19.30 WIB. Pemeriksaan ini diselingi jam istirahat, shalat dan makan.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak tidak memerinci jumlah pertanyaan yang ditanyakan penyidik kepada Firli Bahuri.

Namun salah satu materi yang ditanyakan terkait foto yang beredar di masyarakat, yang memperlihatkan Firli Bahuri bertemu SYL di lapangan badminton di salah satu GOR di wilayah Jakarta.

Dalam pemeriksaan itu, Firli membenarkan foto pertemuan dengan mantan Mentan SYL pada Maret 2022.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...