Harta Kekayaan Amran Sulaiman yang Kembali Dilantik Jokowi jadi Mentan

Ira Guslina Sufa
25 Oktober 2023, 09:36
Menteri Pertanian Amran Sulaiman
Katadata | Arief Kamaludin
Amran Sulaiman, Menteri Pertanian periode 2014-2019 yang kembali dilantik Jokowi jadi Mentan menggantikan Syahrul Yasin Limpo

Presiden Joko Widodo pagi ini, Rabu (25/10) melantik pejabat baru di Istana Merdeka Jakarta. Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan ada tiga posisi yang akan diisi oleh pejabat baru.  

"Pagi ini, Bapak Presiden akan melantik Menteri Pertanian untuk sisa masa jabatan 2019-2024, Kepala Staf Angkatan Darat dan Duta Besar RI untuk Republik Argentina," kata Ari kepada wartawan pada Rabu (25/10). 

Sejumlah nama-nama telah didapuk untuk mengisi pos jabatan di Kabinet Indonesia Maju. Salah satunya adalah Amran Sulaiman yang akan mengisi pos Menteri Pertanian.Amran akan mengisi posisi Mentan yang ditinggalkan politikus Nasional Demokrat Syahrul Yasin Limpo. Syahrul mundur dari jabatan Mentan setelah terjerat kasus dugaan pemerasan di Kementan. 

Pada pemerintahan Jokowi Amran bukanlah orang baru. Ia pernah menjabat sebagai Mentan pada periode pertama pemerintahan Jokowi, 2014-2019. 

Amran merupakan pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan pada 27 April 1968. Ia menikah dengan Martati dan dianugerahi 4 anak yaitu Andi Amar Ma'ruf, Andi Athira, Andi Muh Anugrah, dan Andi Humairah. 

Pengalaman Amran di bidang pertanian sudah panjang. Dia merupakan lulusan Fakultas Pertanian Unhas mulai dari sarjana hingga doktor. Ia pernah bekerja di PT Perkebunan Nusantara XIV sebagai kepala operasi lapangan. Setelah 15 tahun bekerja dan mendirikan bisnisnya dalam sebuah holding Tiran Group yang bergerak di bidang pertambangan, gula, kelapa sawit, SPBU, dan distributor sejumlah produk kenamaan. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...