Sandiaga Cuti dari Menteri Pariwisata Usai Jadi Dewan Pakar TPN Ganjar

Ira Guslina Sufa
27 Oktober 2023, 09:22
Sandiaga
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/wpa/hp.
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno berjalan meninggalkan gedung usai mengikuti pertemuan koalisi pengusung Ganjar-Mahfud di Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Juru bicara Sandiaga Uno bidang politik Denny H. Suryo Prabowo mengatakan Sandi bakal cuti dari jabatan Menteri Pariwisata dalam beberapa waktu mendatang. Sandiaga cuti setelah ditunjuk menjadi Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) TPN Ganjar Pranowo - Mahfud MD. Meski begitu ia mengatakan belum tahu persis kapan surat cuti untuk kampanye akan diajukan Sandiaga. 

"Menunggu dari koalisi ketua umum partai politik menyerahkan nama-nama jajaran tim pemenangan TPN Ganjar-Mahfud ke KPU," kata Denny seperti dikutip dari Antara, Jumat (27/10). 

Menurut Denny hingga masa cuti itu tiba, Sandiaga akan tetap melaksanakan tugas sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif seperti biasanya. Meski telah diumumkan sebagai dewan pakar tim pemenangan nasional Ganjar dan Mahfud, aktivitas Sandiaga kata dia tidak akan banyak terpengaruh. 

"Terkait Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, beliau tidak mundur dan tetap akan menjalankan tugas fungsinya," ujar Denny.

Sebelumnya, Kamis (26/10), Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy mengatakan masuknya Sandiaga dalam tim pemenangan merupakan bentuk all out atau totalitas untuk memenangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024. Sandiaga pun menurut Romahurmuziy telah menyatakan hal serupa. 

"Sandiaga sejak sehari setelah pengumuman Mahfud sudah menyampaikan kepada kami di DPP PPP beliau akan all out untuk menangkan pasangan Ganjar-Mahfud," ujar Rommy. 

Ia melihat masuknya Sandiaga ke TPN sebagai bentuk kolaborasi dengan Ganjar-Mahfud. Sandiaga memiliki kemampuan di sektor ekonomi riil, sehingga akan memberi nuansa pendekatan ekonomi yang kuat untuk pasangan Ganjar-Mahfud.

Kepala Bappilu Nasional PPP, Sandiaga Uno, secara resmi diumumkan sebagai Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Ketua TPN Arsjad Rasjid usai rapat lebih dari tiga jam bersama para ketua umum partai pengusung di kantor TPN, Gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (25/10).

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...