Menhub Janjikan Harga Tiket Pesawat Lebih Murah di Bandara Kertajati

Ameidyo Daud Nasution
29 Oktober 2023, 18:48
bandara kertajati, pesawat, diskon tiket
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/foc.
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (tengah) melakukan pengecekan di bandara Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Rabu (18/10/2023).

Pemerintah telah mengalihkan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Banda Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Menteri Perhubungan mengajak masyarakat menggunakan penerbangan dari Kertajati karena harga tiket yang relatif murah.

Budi mengatakan harga tiket dari Kertajati terjangkau karena diskon landing fee. Ia mencontohkan rute dari Kertajati menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

"Tarif ke Bali cuma Rp 600 ribu-Rp 700 ribu, kalau dari Jakarta bisa Rp 1,4 juta," kata Budi di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (29/10) dikutip dari Antara.

Budi mengatakan diskon berlaku untuk rute penerbangan domestik di Kertajati. Ia juga meminta maskapai seperti Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, hingga AirAsia memberikan harga khusus agar okupansi Bandara Ketajati semakin ramai.

"Ada satu konsep crowd-create-crowd, jadi keramaian itu menarik jumlah," kata Budi.

Pemindahan penerbangan pesawat di Kertajati
Pemindahan penerbangan pesawat di Kertajati (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/YU)

Ia juga mengatakan ada permintaan dari luar negeri untuk membuka penerbangan ke Bandara Kertajati. Menurut Budi, hal ini menunjukkan prespek ekonomi bandara ini semakin cerah.

"Saya waktu roadshow ke Arab Saudi, Dubai, Malaysia, dan India, mereka sangat tertarik menjadikan Kertajati destinasi," katanya.

Bandara Internasional Kertajati hari ini resmi menggantikan Bandara Husein Sastranegara, Bandung untuk menerima penerbangan komersial. Pengalihan tersebut ditandai dengan penerbangan perdana AirAsia ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Peralihan penerbangan komersial didasari keamanan landasan pacu Bandara Husein Sastranegara. Ia menjelaskan landasan bandara tersebut pendek dan lokasinya secara geografis berada di cekungan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...